Hujan Sejak Dini Hari, Jakarta Kembali Terendam Banjir
Banjir Jakarta saat awal tahun baru (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Hujan yang mengguyur ibu kota sejak, semalam membuat sejumlah ruas jalan dan rel kereta api tergenang banjir. Salah satunya perlintasan kereta api di Manggarai dan Sudirman yang tergenang air.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terpaksa menghentikan sebagian pelayanannya, karena kereta api tidak bisa melintas karena rel tergenang air. KCI pun melakukan rekayasa perjalanan KRL ke Jakarta Kota hanya sampai Stasiun Manggarai maupun Pasar Senen saja.

"Hujan lebat sejak malam tadi juga mengakibatkan tahap akhir pekerjaan penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota belum sempurna," kata VP Corporate Communications, PT KCI Anne Purba dalam keterangannya, Selasa, 25 Februari.

Anne mengatakan genangan banjir, terpantau di sejumlah titik lintas antara Stasiun Kampung Bandan - Stasiun Kemayoran, dan di Stasiun Sudirman. Dirinya juga mengimbau agar pengguna KRL dapat merencanakan perjalanannya mengingat banjir di sejumlah wilayah tersebut.

"Pengguna juga kami ajak untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dengan tidak berdesakan saat naik turun kereta," jelasnya.

Berdasarkan informasi di akun resmi Twitter TMC Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, banjir dengan ketinggian 30-50 sentimeter merendam sejumlah kawasan di Jakarta. Kendaraan yang hendak melintas di ruas jalan itu akan dialihkan untuk sementara.

Pantauan di Pintu Air Manggarai, tercatat pada status siaga 2 atau siaga. Tinggi muka air yang terpantau pada 900 cm. Adapun pintu air Angke Hulu, Pasar Ikan, Sunter Hulu, dan Pulo Gadung dalam situasi siaga 3. 

Sedangkan Bendung Katulampa, Depok, Krukut Hulu, Pasanggrahan, Waduk Pluit, dan Cipinang Hulu ada pada situasi normal atau siaga 4. Sebagaimana dirangkum dari laporan Dinas Sumber Daya Air Jakarta.