Viral Mobil Patroli Nyaris Serempet Rombongan Delegasi Laos di Semanggi, Ini Kata Polisi
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Beredar video memperlihatkan mobil patroli polisi hampir menyerempet rombongan delegasi Laos yang sedang melintas di kawasan Semanggi. Polda Metro Jaya menyebut anggota polisi itu telah ditindak.

Insiden itu bermula saat rombongan delegasi KTT ASEAN Ke-43 dari negara Laos melintas di sekitar Kolong Semanggi. Kemudian, beberapa polisi lalu lintas yang bersiaga di sekitar lokasi menghentikan laju kendaraan lain.

Tujuannya, memberikan prioritas kepada rombongan delegasi Laos tersebut. Namun, muncul mobil partroli polisi dari sisi kiri.

Alih-alih menghentikan mobilnya, pengemudi mobil patroli itu justru terus melaju. Bahkan hampir menyerempet rombongan.

Polisi yang berjaga di lokasi pun terdengar meneriaki mobil patroli itu agar berhenti. Bahkan, terdengar umpatan yang dilontarkan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman yang dikonfirmasi perihal itu membenarkannya. Menurutnya, insiden itu terjadi pada hari Rabu, 6 September.

Dikatakan, polisi yang mengendarai mobil patroli itu merupakan anggotanya. Penyebabnya karena pengendara terburu-buru menuju posnya untuk melakukan pengamanan jalur Presiden RI yang akan melintas.

“Jadi gini, itu anggota saya. Pada saat itu memang dia mau berpindah pos karena mau ngejar pengamanan jalannya Presiden RI. Dia buru-buru,” ujar Latif, Jumat, 8 September.

Dengan adanya insiden itu, anggota pengendara mobil patroli itu sudah ditindak dengan sanksi teguran. Pemberian saksi, kata Latif, langsung diberikan olehnya karena ia berada di lokasi saat insiden terjadi.

“Itu anggota sudah saya tegur, karena saya di tempat itu juga. Wong itu yang hentikan juga saya, yang negur juga saya,” kata Latif.