Kawal Percepatan Pembangunan, Wapres Bakal Berkantor di Papua Awal September 2023
Wapres Ma’ruf Amin selaku Ketua Badan Pengarah Papua (BPP) melakukan pertemuan dengan para raja, kepala suku, dan tokoh adat di wilayah Papua Barat pada Kamis 1 Desember 2022. (dok. BPMI Setpres)

Bagikan:

PAPUA - Pelaksana harian (Plh) Sekretariat Daerah (Sekda) Papua Derek Hegemur mengungkapkan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bakal berkantor di Papua pada awal September 2023.

Menurutnya, berkantornya Wapres di Bumi Cenderawasih dalam rangka melakukan koordinasi dan konsolidasi guna mempercepat pembangunan di Papua.

“BP3OKP (Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua) menjadi lembaga atau badan yang dapat mengkoordinasikan program dan kegiatan pemerintah dan masyarakat di Papua, sehingga kami sangat mendukung kunjungan tersebut,” katanya di Jayapura, Selasa 22 Agustus.

Terkait kunjungan Wapres tersebut, Derek mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemrov) Papua telah menjalin koordinasi dengan Kodam XVII Cenderawasih dan Polda Papua terkait pengamanan.

Kehadiran Wapres di Papua merupakan agenda pemerintah pusat sehingga Pemprov Papua hanya menyesuaikan. Untuk itu Derek pun berharap kehadiran Wapres berkantor di Papua dapat mendorong pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua.

Sementara itu, juru bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan Wapres Ma’ruf Amin akan berkantor di Papua pada awal September 2023 bersama sejumlah menteri dan Panglima TNI untuk mempercepat upaya pembangunan di sana dan juga menyelesaikan persoalan yang dihadapi pemerintah daerah.

“Tadi Bapak Menko PMK melaporkan beberapa hal penting kepada Wapres terutama yang terkait dengan hasil kunjungan beliau ke Papua. Kebetulan memang Wapres berencana berkunjung kembali ke Papua pada tanggal 4 September dan rencananya akan berkantor di sana dengan sejumlah menteri,” kata Masduki di Jakarta, Jumat 18 Agustus.

Masduki mengatakan Wapres akan berkantor di Papua selama beberapa hari dan berkunjung ke sejumlah daerah di sana. Beberapa waktu lalu Wapres juga sudah berkunjung dan berkeliling ke sejumlah kota di Papua selama sepekan.