Kudeta Myanmar, Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Baru Pilihan Militer Myanmar
Pemimpin militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing (Sumber: True News Information Unit via myanmar-now.org)

Bagikan:

JAKARTA - Militer Myanmar bergerak cepat usai melakukan pengambilalihan kekuasaan dari Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan Presiden Myanmar Win Myint pada Senin kemarin. Salah satunya adalah memecat 24 menteri dan membentuk kabinet baru.

Melansir The Irrawaddy, militer Myanmar membentuk kabinet baru yang sebagian besar anggotanya terdiri dari para jenderal dan mantan pejabat militer bersama dengan beberapa anggota partai proxy politiknya, Partai Persatuan Solidaritas dan Pembangunan (USDP).

Posisi Menteri Dalam Negeri dipercayakan kepada Letnan Jenderal Soe Htut. Kemudian, posisi Menteri Pertahanan dipegang Jenderal Mya Tun Oo dan Menteri Urusan Perbatasan diserahkan kepada Letnan Jenderal Tun Tun Naing. Tiga jabatan ini sebelumnya memang di bawah kekuasaan militer Myanmar.

Jabatan Menteri Luar Negeri yang sebelumnya dipegang oleh Daw Aung San Suu Kyi diberikan kepada U Wunna Maung Lwin, seorang anggota Komite Eksekutif Pusat USDP yang kalah dalam Pemilu 8 November lalu. Ia memegang posisi yang sama di bawah Pemerintahan U Thein Sein 2011-2016.

U Win Shein, kandidat USDP lain yang gagal dan mantan perwira militer, ditunjuk sebagai Menteri Perencanaan, Keuangan dan Industri. Dia adalah Menteri Keuangan dan Pendapatan di bawah U Thein Sein.

Kementerian Investasi dan Hubungan Ekonomi Luar Negeri yang sebelumnya dipimpin oleh U Thaung Tun, dipercayakan kepada U Aung Naing Oo yang juga mantan perwira militer.

Berikutnya, mantan perwira militer sekaligus kepala penasihat politik untuk Kantor Presiden di bawah U Thein Sein, U Ko Ko Hlaing, dipercaya sebagai Menteri untuk Kerja Sama Internasional yang sebelumnya dipegang oleh U Kyaw Tin.

Penulis dan mantan editor U Pe Myint telah digantikan oleh U Chit Naing sebagai Menteri Informasi Negara. Menteri baru adalah mantan perwira militer yang menulis dengan nama samaran Chit Naing (Psikologi).

Ada pula U Ko Ko dan U Myint Kyaing yang masing-masing dipercaya sebagai Menteri Urusan Agama dan Menteri Urusan Ketenagakerjaan.

Terakhir, tokoh yang dikenal sebagai pemimpin Myanmar untuk memerangi COVID-19, Dr. Myint Htwe, digantikan oleh mantan bawahannya Dr. Thet Kaing Win sebagai Menteri Kesehatan dan Olahraga.