Pimpinan Upacara Kemerdekaan, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Keraton Surakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka (FOTO: nailin/voi.id)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 17 Agustus. 

Pada peringatan HUT ke-78 RI ini, Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Pakaian ini biasanya dikenakan raja dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

"Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat," ujar Jokowi di Istana, Jakarta, Kamis, 17 Agustus.

 

Jokowi menjelaskan, saat mengenakan baju tersebut, Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat kerap membagikan rezekinya kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa cinta dan syukur.

"Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba," kata Jokowi.