Uji Coba Selesai, Pelabuhan Mudaffar Sjah II Ternate Siap Beroperasi
Kapal KM Queen Mary dan KM Fajar Mulia II telah menggunakan Pelabuhan Mudaffar Sjah II untuk bersandar, Sabtu (5/8/2023). (Dok. ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)

Bagikan:

TERNATE - Uji coba Pelabuhan Mudaffar Sjah II telah selesai dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan Pelabuhan Mudaffar Sjah II siap untuk digunakan sejumlah kapal yang akan melayari antar-pulau di Malut dan Kota Bitung, Sulawesi Utara.

"Kami telah melakukan uji coba sandar di Dermaga Pelabuhan Mudaffar Sjah II dan dipastikan layak digunakan kapal berukuran besar," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Ternate Nandi Naser yang dihubungi Sabtu.

Menurut dia, saat ini ada dua kapal yang telah sandar di Pelabuhan Mudaffar Sjah II. Belum ada laporan kendala saat kapal sandar dan akan dilakukan pelayaran perdana ke berbagai kabupaten/kota di wilayah Malut.

Kapal yang akan melayari berbagai kabupaten/kota di wilayah Malut itu juga akan mengambil rute Ternate-Sofifi, ibukota Provinsi Malut PP.

Dia menyatakan, Pemkot Ternate akan menjadikan Pelabuhan Mudaffar Sjah II Kota Ternate sebagai salah satu pelabuhan alternatif, di samping ada pelabuhan Ahmad Yani dan Pelabuhan Bastiong.

Dirinya menambahkan, pekan depan kapal yang bersandar di Pelabuhan Mudaffar Sjah Dufa-Dufa ini akan melakukan pelayaran perdana secara resmi sesuai rute yang telah dijadwalkan yakni, Batang Dua-Kota Bitung, kemudian balik dari Kota Bitung langsung menuju Sanana-Bobong-Falabisahaya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Pelabuhan Mudaffar Sjah II yang berada di kawasan Kota Ternate Utara ini dapat memberikan manfaat kepada Pemerintah Kota Ternate dalam pengelolaan transportasi laut.

Seperti diketahui, dilansir ANTARA, Sabtu, 5 Agustus, Kota Ternate memiliki sejumlah pelabuhan yang melayari berbagai rute antar-pulau dan berbagai Kota di Indonesia seperti Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Bastiong, ASDP Ferry Bastiong dan Pelabuhan Mudaffar Sjah II Kota Ternate yang akan disandari berbagai kapal berukuran besar.

Di samping itu, ada pula pelabuhan untuk armada semut seperti Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua tujuan Sofifi, Moti dan Makian, Pelabuhan Bastiong melayari Ternate-Tidore Kepulauan II, Pelabuhan Kota Baru rute Ternate-Payahe, Pelabuhan kawasan Al-Munawwar rute Ternate-Sidangoli II, Pelabuhan Dufa-Dufa rute Ternate-Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat PP dan Pelabuhan Sulamadaha untuk rute Ternate-Pulau Hiri PP