Menyambut Tahun Baru Islam, Habib Husein Ja'far Al Hadar Meramaikan Festival Hijriah di Solo
Ketua panitia acara Bayu Hermawan di Solo (foto: dok. antara)

Bagikan:

SOLO- Salah satu pendakwah di Indonesia Habib Husein Ja'far Al Hadar dijadwalkan akan meramaikan Festival Hijriah di GOR Sritex Arena Solo, Sabtu 5 Agustus.

Ketua panitia acara Bayu Hermawan di Solo, Sabtu mengatakan acara tersebut diselenggarakan di sejumlah kota. Kali ini, dikatakannya, Solo merupakan kota ke-7 yang menjadi tempat penyelenggaraan acara.

"Solo ini kota ke-7 dari rangkaian kami. Ada yang spesial kali ini karena kami menyelenggarakan di GOR, sehingga jumlah penonton akan lebih banyak," katanya.

Ia mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya penonton mengingat dari lokasi-lokasi sebelumnya jumlah penonton selalu banyak.

"Animo masyarakat makin besar dari kota ke kota. Bahkan di Semarang kemarin kami juga sediakan nonton bareng dengan menyediakan dua screen besar," katanya.

Panitia lain, Elba Damhuri mengatakan acara tersebut diselenggarakan untuk menyambut Tahun Baru Islam. Menurut dia, ada makna filosofis dari perayaan tersebut yakni manusia harus lebih baik dan makin mengenal satu sama lain.

Pada acara yang bekerja sama dengan Kadin Indonesia Komite Tiongkok tersebut, pihaknya juga mengundang seni budaya pentas seni Muslim Xinjiang.

"Tempat ini menjadi jalur sutra pusat perdagangan sejak zaman lama. Wilayah ini diapit oleh delapan negara dengan berbagai budaya. Budaya Islam di Xinjiang sangat variatif, kaya, bahkan jadi rumah tarian dan rumah nyanyian," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, pesan-pesan yang disampaikan pada acara tersebut sifatnya akan beragam.

"Yang pasti tidak menjelek-jelekkan pihak manapun, menyampaikan hal-hal positif. Meski ada perbedaan namun kami ingin menyampaikan pesan positif," katanya.