Apa Itu Longspan pada LRT Jabodebek dan Fungsinya? Berikut Daftar Jalur Perlintasannya
LRT Jabodebek Foto; Dok. Antara

Bagikan:

YOGYAKARTA - Longspan LRT Jabodebek yang pernah menjadi proyek kebanggan pemerintah Indonesia kini disebut salah desain. Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN, membeberkan soal adanya salah desain pada bagian jembatan longspan di Kuningan, Jakarta Selatan. Lantas apa itu longspan pada LRT Jabodebek?

Presiden Joko Widodo menanggapi soal longspan LRT Jabodebek yang disebut salah desain. Jokowi mengatakan jika memang ada salah desain maka harus dievaluasi dan diperbaiki. Selain itu, presiden juga berpesan agar tidak mencari-cari kesalahan dari LRT Jabodebek yang menjadi pertama di Indonesia. 

Sementara itu Kartika Wirjoatmodjo mengatakan kesalahan desain di longspan LRT membuat kecepatan kereta jadi melambat. Lantas apa itu longspan pada LRT Jabodebek dan di mana saja letaknya?

Apa Itu Longspan pada LRT Jabodebek?

Longspan adalah bentangan beton panjang di jalur light rail transit (LRT) Jabodebek. LRT Jabodebek terbentang menghubungkan antara Cibubur dan Bekasi dengan Kuningan. Hampir seluruh lintasan LRT ini dibuat secara melayang dengan memiliki sejumlah longspan. 

Berdasarkan penjelasan Satuan Kerja LRT Jabodebek, kontruksi longspan adalah sebuah bentang jembatan dengan jarak pilar mencapai 45 meter atau lebih. Sementara longspan menurut Britannica adalah bentang bangunan dengan ruang tanpa pilar yang mencapai 30 meter atau lebih. 

Struktur longspan bisa dibuat melintasi atau melayang di atas apa saja, seperti jalan raya, sungai, jembatan, atau halangan. Pengadaan longspan bertujuan untuk meminimalisir hambatan lalu lintas di jalan yang ada di bawahnya. Dalam LRT Jabodebek, penerapan ini ada di wilayah Kuningan. 

Longspan LRT Jabodebek Tercatat Rekor MURI

Longspan pada LRT Jabodebek masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan MURI diterima oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor yang menangani pembuatan longspan tersebut. 

Longspan LRT Jabodebek berhasil tercatat di MURI sebagai rekor jembatan kereta beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia. Selain itu, longspan ini juga mencatat rekor pengujian Axial Statistic Loading Test sebagai pondasi bored pile dengan beban terbesar di Indonesia. 

Jembatan lengkung atau longspan tersebut dibangun dengan metode balanced cantilever. Longspan tersebut memiliki tipe box girder dengan radius lengkung 115 meter. Panjang bentang utama longspan tersebut mencapai 148 meter dengan beban pengujian pondasi seberat 4.400 ton. 

Letak Konstruksi Longspan LRT Jabodebek di Mana Saja?

Ada 10 kontruksi longspan pada LRT Jabodebek sebagai berikut:

Longspan JORR dan Cililitan

Longspan ini berada di Lintas Pelayanan 1, yaitu lintas Cawang-Harjamukti. Longspan JORR bertempat di sisi utara Stasiun Kampung Rambutan dan melintasi simpang susun antara JORR Selatan dengan Jagorawi. Sementara longspan Cililitan terletak di dekat pintu keluar ke arah UKI dan melintasi Tol Jagorawi.

Longspan Cawang dan Ciliwung

Longspan Cawang terletak di titik pertemuan dua lintas pelayanan, yaitu Lintas Pelayanan 1 Cawang-Harjamukti dan Lintas Pelayanan 3 Cawang-Jatimulya. Sementara longspan Ciliwung berlokasi berada di Lintas Pelayanan 2 Cawang-Dukuh Atas.

Longspan Cikoko dan Kuningan

Kedua longspan ini berada di Lintas Pelayanan 2 Cawang-Dukuh Atas. Longspan Cikoko terletak di dekat Menara Saidah dan melintasi jalur KRL Commuter Line Manggarai-Bogor. Sementara Longspan Kuningan terletak di perempatan Jalan Gatot Subroto dan HR Rasuna Said. 

Longspan Dukuh Atas dan Halim

Longspan Dukuh Atas terletak di lokasi pembangunan Stasiun Dukuh Atas. Sementara longspan Halim terletak di simpang susun antara Tol Jakarta-Cikampek, Jagorawi, dan Dalam Kota. 

Longspan Cikunir dan Kali Bekasi

Longspan Cikunir terletak di atas simpang susun Cikunir antara Tol JORR dan Tol Jakarta-Cikampek. Sementara longspan Kali Bekasi terletak di atas Kali Bekasi. Keduanya berada di Lintas Pelayanan 3 Cawang-Jatimulya. 

Demikianlah ulasan apa itu longspan pada LRT Jabodebek. Terkait dengan polemik salah desain pada longspan LRT tersebut, Presiden Jokowi mengatakan jika ada penyesuaian sistem maka hal biasa dan harus dihitung serta direncanakan secara matang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.