Bagikan:

JAKARTA – Setelah dilakukan pemeriksaan, kecelakaan kerja pada proyek pembuatan basemen perkantoran di Jalan Radin Inten II, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, memakan 3 orang korban. Mereka adalah pekerja proyek. Satu meninggal, dua selamat.

Deni Ramdani (36), salah satu pekerja proyek berhasil menyelamatkan diri ketika kejadian longsoran tanah dan coran itu terjadi.

Sementara rekannya bernama Sukardis alias Sukatis (33) meninggal dunia akibat tertimbun tanah dan coran.

Sedangkan Usmana (45) berhasil ditemukan dalam kondisi luka berat meskipun juga tertimbun tanah.

Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, satu orang korban berinisial U berhasil dievakuasi dengan selamat meskipun mengalami luka akibat terjepit.

"Korban yang terjepit masih kita akali dari coran itu masih bisa lepas, sehingga tinggal sepatu saja dan alhamdulillah berhasil kita tarik dan evakuasi," kata Gatot saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 1 Agustus.

U merupakan korban terakhir yang berhasil dievakuasi.

"Kita berupaya menarik kakinya yang terjepit dari bata dan coran, namun Alhamdulilah berhasil kita ambil," ujarnya.

Sementara korban berinisial S ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia. Petugas juga mengalami kendala karena ruang evakuasi sangat sempit sehingga petugas harus berhati - hati.

"Namun yang meninggal malah lebih cepat kita ambilnya, dalam kondisi masih utuh," ucapnya.

Saat diketemukan, posisi tubuh korban Usmana dan Sukatis hanya berjarak sekitar 5 meter. Korban tertimbun di kedalaman tanah sekitar 3 meter dalam waktu cepat saat longsor terjadi.

"Kedua korban tertimbun ada bangunan bekas tembok dan ada bekas ikatan yang buat cor, (ikatan) sudah terpasang," ucapnya.