Syarat PPPK Bisa Naik Gaji Berkala Tahun 2023
Syarat PPPK Bisa Naik Gaji Berkala - Arsip foto - Pengambilan sumpah jabatan bagi guru yang diangkat menjadi ASN lewat skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK)/ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja( PPPK) yang penuhi syarat saat ini dapat menerima peningkatan gaji berkala serta kenaikan gaji istimewa. Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi( PANRB) Nomor. 7/ 2023 tentang Kenaikan Gaji Berkala serta Peningkatan Pendapatan Istimewa Untuk PPPK. Lebih dahulu, tidak ada pengaturan soal peningkatan pendapatan untuk PPPK, baik itu peningkatan pendapatan berkala ataupun peningkatan pendapatan istimewa.

“ Kenaikan gaji berkala diberikan kepada PPPK yang mempunyai masa perjanjian kerja lebih dari 2 tahun serta pasti untuk mereka yang telah penuhi beberapa persyaratan tertentu,” jelas Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Kamis 27 Juli.

Anas menguraikan, peningkatan pendapatan berkala untuk PPPK diberikan apabila telah penuhi beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut yaitu sudah menggapai Masa Kerja Golongan( MKG) yang didetetapkan buat peningkatan pendapatan berkala sebagaimana tercantum dalam Lampiran PermenPANRB Nomor. 7/ 2023.

Syarat PPPK Bisa Naik Gaji Berkala

Tidak hanya itu, peningkatan pendapatan berkala diberikan untuk PPPK yang menerima evaluasi kinerja 2 tahun terakhir dengan predikat kinerja tahunan sangat rendah bernilai“ baik” sesuai dengan ketentuan terpaut pengelolaan kinerja pegawai aparatur sipil negara( ASN).

Persyaratan tersebut dikecualikan untuk PPPK dengan kalangan pendapatan V. Untuk PPPK dengan kalangan pendapatan V, peningkatan pendapatan berkala buat pertama kali diberikan untuk PPPK yang mempunyai masa perjanjian kerja lebih dari satu tahun.“ Peningkatan pendapatan berkala untuk PPPK dengan golongan gaji V, buat awal kalinya diberikan apabila sudah menggapai satu tahun MKG,” lanjut Anas.

PPPK dengan kalangan pendapatan V yang mau menerima peningkatan pendapatan berkala buat awal kali pula wajib memiliki nilai kinerja sangat rendah“ baik” dalam satu tahun terakhir. Berikutnya, peningkatan pendapatan berkala untuk PPPK dengan kalangan pendapatan V buat periode berikutnya diberikan menjajaki syarat peningkatan pendapatan berkala untuk PPPK dengan masa perjanjian kerja lebih dari 2 tahun.

Tidak hanya dapat menerima peningkatan pendapatan berkala, PPPK pula berhak menerima peningkatan pendapatan istimewa. PPPK yang berhak memperoleh peningkatan pendapatan istimewa merupakan pegawai yang menerima predikat kinerja tahunan“ sangat baik” sepanjang 2 tahun berturut- turut serta diresmikan selaku pegawai teladan.

Lanjutnya dipaparkan, ketentuan yang sama juga berlaku untuk pegawai yang memperoleh perpanjangan masa ikatan perjanjian kerja PPPK buat menerima peningkatan pendapatan berkala serta pendapatan istimewa.

Anas menguraikan, pemberian peningkatan pendapatan berkala untuk PPPK diresmikan dengan Keputusan Pejabat yang Berwenang( PyB) ataupun pejabat yang diberikan pendelegasian oleh PyB. Keputusan PyB ataupun pejabat yang diberikan pendelegasian oleh PyB sangat sedikit muat nama; no induk pegawai; kalangan/ jabatan; masa perjanjian kerja; perpanjangan perjanjian kerja; peran unit kerja; besaran pendapatan lama; besaran pendapatan baru; masa kerja yang sudah dijalani; serta bertepatan pada berlakunya pendapatan baru.

“ Regulasi ini buat menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor. 98/ 2020 tentang Pendapatan serta Tunjangan PPPK. Termaktub kalau PPPK bisa diberikan peningkatan Pendapatan berkala ataupun peningkatan Pendapatan istimewa yang dilaksanakan sesuai dengan syarat peraturan perundang- undangan,” pungkas Anas. 

Jadi setelah mengetahui syarat PPPK bisa naik gaji berkala, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!