Umat Buddha Ikuti Upacara Apihoma Tantrayana di Borobudur
Para biksu menyalakan lilin pada upacara Apihoma Tantrayana Zhenfozong di pelataran Candi Borobudur. ANTARA/Heru Suyitno

Bagikan:

MAGELANG - Sekitar seribu umat Buddha Majelis Tantrayana Satya Buddha Indonesia dan Majelis Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia mengikuti upacara Apihoma Tantrayana Zhenfozong Borobudur 2023.

Ketua Panitia Upacara Apihoma Tantrayana Zhenfozong Borobudur 2023, Yusuf Sumartha di Magelang, Sabtu, mengatakan kegiatan ini merupakan ritual simbol ketulusan hati umat dipersembahkan kepada makhluk suci melalui media api.

"Upacara akbar ini mengusung ritual khas Tantrayana, yakni memberikan persembahan melalui media api (apihoma)," katanya dilansir ANTARA, Sabu, 29 Juli.

Upacara dipimpin oleh empat orang acarya atau mahabiksu menghadap empat penjuru dengan adinata yang dipuja, yaitu Buddha Sakyamuni.

Dia menuturkan pada upacara Apihoma ini mendoakan agar NKRI dijauhkan dari segala bentuk bencana, rakyat senantiasa aman, sejahtera dan makmur sentosa.

"Kami juga mendoakan agar umat Buddha di Indonesia memperoleh berkah dan kebijaksanaan, memiliki sradha yang kokoh, disiplin dalam sila, mengembangkan Bodhicitta dalam menapaki jalan Bodhisattva," katanya.

Candi Agung Borobudur yang didirikan Wangsa Sailendra pada abad ke-9 adalah mahakarya kebudayaan Buddha di Jawadwipa yang berskala dunia. Arsitektur candi yang berdesain bukit bersusun atau bumi sambhara, memetakan kosmologi Buddhisme tentang dunia samsara yang terbagi atas alam kama (nafsu), alam rupa (bentuk), dan alam arupa (tanpa bentuk).

Dilihat dari atas, Borobudur dibangun sebagai Mahamandala Tantra dengan Pancadhyani Buddha (Buddha Lima Penjuru) pada tingkatan nirwana.

Upacara Apihoma Tantrayana Zhenfozong Borobudur 2023 dihadiri oleh sembilan acarya dengan peserta 1.200 orang dari berbagai daerah di Indonesia.