Agenda Jokowi di China Terbaru: Temui Presiden Xi Jinping hingga Hadiri Olimpiade
Ilustrasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Twitter @jokowi)

Bagikan:

YOGYAKARTA –Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki agenda untuk bertemu ke China. Agenda Jokowi ke China secara garis besar adalah bertemu Presiden Xi Jinping. Kunjungannya ke negara tersebut dimulai hari ini, Kamis-Jumat, 27-28 Juli. Rencana tersebut juga sempat dikatakan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 25 Juli.

Agenda Jokowi di China Terbaru

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menjelaskan, kunjungan Presiden RI ke China berkaitan dengan hubungan bilateral. Pertemuan sendiri akan dilakukan di Chengdu, China.

"Presiden akan ke Chengdu (China). Beliau akan berada di sana pada tanggal 27 dan 28 (Juli). Program utamanya adalah bertemu, melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping," jelas Retno.

Dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa ia akan berangkat ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) hari ini, Kamis. Presiden akan didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Pagi hari ini saya akan berangkat ke RRT (Republik Rakyat Tiongkok)/China, saya bersama dengan ibu negara akan melakukan kunjungan kerja ke Chengdu," kata Jokowi lewat Keterangan Pers Presiden dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Kamis pagi.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jinping.

"Kunjungan saya ke Chengdu untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jinping dan berdekatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif RRT dan Indonesia," sambungnya lagi.

Pertemuan Presiden RI dan Presiden RRC akan digelar di Chengdu dengan beberapa agenda prioritas, baik di bidang proyek strategis nasional RI-RRC dan bidang kesehatan.

"Di Chengdu saya akan melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan sejumlah agenda prioritas akan dibahas bersama Presiden Xi, baik bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia-RRT dan bidang perdagangan dan kesehatan serta isu regional dan global," jelas Jokowi.

Kunjungan ke China juga tidak hanya memenuhi undangan Presiden Xi Jinping. Dalam keterangannya, Presiden mengatakan bahwa agenda ke China adalah untuk bertemu dengan pebisnis dari China. Pertemuan tersebut akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan investasi di bidang industri, energi, hingga kesehatan.

“Saya juga akan bertemu dengan beberapa CEO, pimpinan perusahan Tiongkok yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia khususnya di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru dan terbarukan dan kesehatan," jelas Jokowi.

Selain agenda tersebut, Presiden Jokowi juga diagendakan hadir dalam pembukaan World University Games.

"Saya juga akan menghadiri pembukaan World University Games untuk menyemangati kontingen kita yang juga berada di sana dan pada Sabtu 29 Juli pagi akan kembali ke Jakarta," kata Jokowi.

Seperti diketahui, China adalah negara yang jadi mitra dagang paling besar yang dimiliki Indonesia. Jalinan kerja sama ekonomi Indonesia-RRC juga erat. Tak heran Presiden Jokowi kerap melakukan kunjungan ke China.

Itulah informasi terkait agenda Jokowi di China. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.