Kronologi Keributan di Acara Generasi Muda Golkar, Digeruduk Orang Tak Dikenal hingga Ada Wartawan Dipukul
ILUSTRASI (FOTO: DOK, ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Acara diskusi bertajuk Selamatkan Partai Golkar: Menuju Kemenangan Pileg 2024 yang diselenggarakan Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) di Restoran Pulau Dua, Jakarta Pusat, pada Rabu, 26 Juli 2023 berujung ricuh. Kerusuhan tersebut bahkan berujung pada tindakan represi terhadap jurnalis yang tengah meliput acara tersebut. Lantas, bagaimana kronologi keributan di acara generasi muda Golkar? Simak informasi selengkapnya berikut ini.  

Kronologi Keributan di Acara Kader Muda Golkar

Keributan di acara diskusi bertajuk Selamatkan Partai Golkar: Menuju Kemenangan Pileg 2024 yang digelar oleh GMPG terjadi sebelum acara diskusi digelar, yakni sekitar pukul 14.00 WIB.

Kala itu, awak media sedang berada di dalam ruangan menunggu acara dimulai. Tiba-tiba terjadi keributan di luar ruangan, para wartawan pun bergegas ke lokasi untuk meliput momen tersebut.

Di luar ruangan, sekelompok orang tak dikenal dengan atribut bebas yang mengaku sebagai kader Golkar menggeruduk acara. Mereka meminta penyelenggara membubarkan diskusi tersebut.

Bentrokan antara panitia dengan massa tak dikenal pun tak terelakkan. Mereka terlihat adu mulut.

Awak media yang tengah mengambil gambar kerusuhan ikut terkena dampak. Seorang jurnalis televise bernama Janivan Prapta terkena pukul ketika merekam cekcok tersebut.

Sedangkan jurnalis lainya yang sedang meliput momen yang sama, ponselnya direbut dan dilempar dengan asal.

Keributan di acara kader muda Golkar sempat redam selama 15 menit. Akan tetapi, setelahnya cekcok terulang.

Massa tak dikenal mendesak masuk ke ruangan diskusi. Tak cukup sampai disitu, mereka juga mendesak wartawan yang berada di luar masuk ke dalam ruangan.

Mereka mengancam para wartawan agar segera mematikan kamera dan acara diskusi ini segera dibubarkan.

Berikutnya, para wartawan menjauh dari lokasi keributan. Barulah sekitar 10 menit kemudian aparat kepolisian datang dan membubarkan massa.

Inisiator GMPG Almanzo Bonara meminta maaf atas keributan yang terjadi di acara itu.

"Partai Golkar selalu mendidik kader-kadernya untuk berpikir secara intelektual dan tidak anarkis. Apalagi ini mengatasnamakan AMPG,” ucap Amanzo di lokasi, dikutip VOI.  

Sekedar informasi, acara diskusi bertajuk Selamatkan Partai Golkar: Menuju Kemenangan Pileg 2024 menghadirkan sejumlah politisi Golkar, seperti Andi Sinulingga, Ridwan Hidjam, dan Max Richard Krey. Selain itu, diskusi tersebut juga menghadirkan pengamat politik, yakni Adi Prayitno dan Pangi Syarwi Chaniago.

Respon Airlangga Hartarto

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto buka suara soal keributan di acara generasi muda Golkar.

Di hadapan wartawan, Airlangga mengaku tak tahu jika diskusi tersebut berujung ricuh.

"Waduh, saya belum tahu," tutur Airlangga di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Juli 2023.

Airlangga mengatakan bahwa dirinya baru saja selesai rapat dengan Presiden Joko Widodo di Istana.

Dia juga menegaskan bahwa kondisi partainya saat ini masih aman di tengah isu Munaslub untuk melengserkan dirinya.

“Aman terkendali,” ujar Airlangga singkat.

Demikian informasi tentang kronologi keributan di acara generasi muda partai Golkar. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.