Apa Itu Skimming: Berikut Uraiannya
Apa Itu Skimming (Gambar Max Bender - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini tengah marak kejahatan skimming ATM atau yang biasa disebut skimming yang merupakan tindak kejahatan dengan mencuri data dalam kartu ATM untuk dikuras habis isinya. Jadi, apa itu skimming?

Apa itu skimming? Skimming merupakan salah satu tindak kejahatan yang banyak menyasar nasabah bank. Makna skimming merupakan pembobolan rekening bank. Jadi skimming merupakan tindak kejahatan dengan tujuan buat melaksanakan pembobolan data rekening nasabah bank. Umumnya sasaran utama dari skimming adalah para pengguna ATM yang lagi melakukan transaksi.

Dalam melancarkan kejahatan pembobolan ATM tidak membutuhkan kontak fisik, tetapi cuma membutuhkan perlengkapan skimming ATM bernama skimmer yang menyamai mulut slot kartu ATM. Metode kerja dari skimming ATM yakni dengan menduplikasi informasi pada strip magnetik yang ada pada kartu kredit ataupun kartu debit ATM.

Nantinya dikala perlengkapan skimming ATM sudah terpasang segala aktivitas pengguna ATM otomatis bakal terekam, mulai dari informasi di kartu ATM, no rekening, apalagi hingga PIN pengguna ATM. Makanya dapat saja isi saldo nasabah bank seketika telah terkuras habis akibat skimming ATM ini.

Makanya, kita butuh ketahui lebih lanjut seputar apa itu skimming. Di postingan ini kita bakal mangulas seputar skimming.

Apa Itu Skimming?

Kejahatan skimming ATM semakin ke mari makin membayang- bayangi para pengguna ATM. Sebab dapat saja saldo rekening ATM seketika telah terkuras habis tanpa dikenal sebabnya. Kejahatan pembobolan ATM ini jika terus bertambah bakal memunculkan kekhawatiran serta timbul rasa tidak percaya dari para pengguna ATM buat menaruh uangnya di bank.

Kemudian, apa itu skimming? Skimming maksudnya pembobolan rekening ATM. Merujuk dari laman Otoritas Jasa Keuangan( OJK) menyebutkan skimming merupakan aksi pencurian data yang ada pada strip magnetik kartu kredit serta kartu debit dengan ilegal.

Nah, skimming ini bekerja dengan sangat apik serta susah ditemukan dengan kasat mata. Sebab skimming berperan memakai perlengkapan bantu yang dipasang yang dapat sangat menyerupai aslinya di mesin ATM.

Jadi, para pelakon kejahatan bakal meletakkan perlengkapan skimming ATM bernama skimmer yang wujudnya menyamai mulut slot di mesin ATM serta bakal memasang kamera tersembunyi yang merekam pergerakan korban dikala melaksanakan transaksi di mesin ATM.

Dari perlengkapan skimming ATM tersebut para pelakon bakal memperoleh segala informasi kartu korban serta berikutnya bakal menduplikasi kartu debit ataupun kredit ke dalam kartu kosong yang setelah itu seluruh isi saldo korban bakal dikuras habis oleh para pelakon kejahatan pembobolan ATM.

Tidak hanya bisa terjadi di mesin ATM, nyatanya aksi skimming ini dapat terjalin di mesin Electronic Data Capture( EDC) yang biasanya ada pada kasir- kasir pusat perbelanjaan. Metode aksi skimming yang terjalin di mesin EDC ini juga bisa dicoba dengan 2 metode.

Metode awal sama dengan yang dicoba di mesin ATM, ialah dengan memasang perlengkapan skimmer khusus di mesin EDC buat menemukan informasi kartu korban. Metode berikutnya dengan memakai tata cara yang lebih sulit yakni dengan wiretapping. Tata cara ini digunakan buat menyadap saluran komunikasi informasi koneksi mesin EDC dengan mesin kasir mengarah bank ataupun lembaga keuangan yang dituju.

Tidak hanya skimming ATM, kejahatan yang sering mengenai nasabah bank merupakan kejahatan scam. Scam merupakan tindak kejahatan dengan menipu korban buat memperoleh duit ataupun barang berharga kepunyaan korban. Scammer merupakan orang yang melaksanakan tidak kejahatan scam. Umumnya kejahatan scam mengaitkan kegiatan online buat melancarkan aksinya. Semacam hadiah undian online dengan mengisi data- data korban yang setelah itu informasi tersebut bakal disalahgunakan.

Metode Kerja Perlengkapan Skimming ATM

Seperti yang sudah dipaparkan di atas kalau skimming ATM merupakan aksi kejahatan dalam wujud pencurian data pada kartu debit ataupun kartu kredit dengan ilegal. Kejahatan skimming ATM ini sangat susah ditemukan dengan kasat mata.

Jadi gimana sih metode kerja skimming ATM hingga kesimpulannya mereka bisa membobol segala data di kartu kredit ataupun kartu debit korban?

Nah, kejahatan pembobolan ATM alias skimming ini dicoba dengan sangat apik serta halus. Awal pelaku bakal memasang perlengkapan skimming ATM yang bernama skimmer yang wujudnya menyamai mulut slot di mesin ATM serta memasang kamera tersembunyi di bagian atas penutup tombol ATM.

Berikutnya, dikala korban memasukkan kartu ke dalam mesin ATM, perlengkapan skimming ATM ialah skimmer secara otomatis bakal merekam segala informasi pada kartu debit ataupun kredit kepunyaan korban. Kamera tersembunyi pula bakal merekam pergerakan korban dikala memencet tombol PIN di mesin ATM.

Kemudian, dikala pelakon sukses memperoleh segala informasi baik dari kartu ATM sampai no PIN korban, berikutnya pelakon bakal menduplikasi kartu korban ke kartu yang masih kosong. Sehabis itu pelakon bisa memakai kartu yang sudah di duplikasi serta menghabiskan habis segala saldo rekening korban.

Metode Menjauhi Skimming ATM

Memanglah tindak kejahatan ini susah buat dideteksi serta bekerja dengan apik. Tetapi ada sebagian metode yang dapat Kalian jalani buat menjauhi skimming ATM, buat berjaga- jaga istilahnya.

Berikut sebagian metode menjauhi skimming ATM, yakni: 

1. Memilih Mesin ATM yang Tepat

2. Pilih Kartu yang Telah Memakai Chip

3. Amati dengan Seksama Mesin ATM

4. Transaksi Tanpa Kartu (Cardless)

5. Tutupi Tangan Saat Memasukan PIN

6. Mengganti PIN Kartu ATM Secara Berkala

Jadi setelah mengetahui apa itu skimming, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!