Ke Gresik, Ganjar Pranowo Disuguhkan 2024 Nasi Krawu Sebagai Simbol Dukungan Relawan
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

GRESIK - Sebanyak 2024 nasi krawu disantap warga Gresik bareng bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDI-P Ganjar Pranowo. Kegiatan itu berlangsung di Lapangan Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Minggu 16 Juli pagi.

Jumlah 2024 nasi krawu tersebut diartikan sebagai bentuk dukungan warga Gresik yang berjejaring dalam relawan Ganjar Untuk Semua (GUS), kepada Ganjar untuk menjadi Presiden RI 2024-2029 mendatang.

"Suguhan nasi tradisional seperti nasi krawu, kita bisa menunjukkan bahwa kita punya kekayaan tak benda yang luar biasa," ujar Ganjar di lokasi.

Adapun nasi krawu sengaja dibuat dan digantung dalam damar kurung sebagai bentuk hadiah relawan Gresik untuk Ganjar, sekaligus menjadi simbol selamat datang dari warga Gresik.

Setelah menyapa relawan, Ganjar duduk bersama masyarakat menyantap nasi krawu yang sudah menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) itu bersama ribuan warga yang sejak pagi telah menunggu kehadiran Ganjar untuk makan bareng.

Saat momen makan bareng itu, tidak tampak sekat antara Ganjar dengan masyarakat. Hal itu menegaskan Ganjar sebagai pemimpin yang sederhana dan merakyat.

Ganjar juga tak lupa memberikan apresiasi kepada relawan dan warga Gresik yang telah memberikan sambutan dan antusias luar biasa. Ganjar pun mendorong warga Gresik untuk mengolah dan mengembangkan kuliner lokal lain, selain nasi krawu untuk naik kelas.

"Kalau kita pamerkan kuliner-kuliner kita dengan sangat menarik tentu tidak hanya orang kenal tapi kemudian orang akan bisa menjual dan UMKM jalan, kemudian mereka makin berkembang kemudian UMKM-nya naik kelas karena dia bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri," jelas Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar yang didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad juga turut meresmikan posko sejumlah organ relawan pemenangan se-Kabupaten Gresik, antara lain GUS, Baris Gresik dan Relawan Sergap Bergerak.