Seribuan Nama Asep dari Dalam dan Luar Negeri Siap Berkumpul di Garut
Wakil Presiden Paguyuban Asep Dunia, Asep Jaelani. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Bagikan:

GARUT - Seribuan warga bernama Asep dari berbagai daerah di Indonesia termasuk luar negeri sudah siap berkumpul untuk menjalin silaturahim dan menjaga persaudaraan satu bangsa dalam acara "Silaturasep Sajagat di Garut Kota Intan" di SOR RAA Adiwijaya selama dua hari 15-16 Juli 2023.

"Untuk acara perkumpulan Asep ini sudah siap, jumlahnya 1.567 kurang lebih," kata Wakil Presiden Paguyuban Asep Dunia, Asep Jaelani di Garut dilansir ANTARA, Jumat, 14 Juli.

Dia menuturkan acara pertemuan nama-nama Asep itu dalam rangka menjaga silaturahim  sesama nama Asep sehingga terjalin terus persaudaraan, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Ribuan peserta yang bernama Asep itu, kata dia, berdasarkan hasil konfirmasi dan sudah tiba di Garut yakni dari Aceh, Kalimantan, Makasar, Banten, Bali, dan daerah lainnya dari seluruh Indonesia.

Selain Asep dari berbagai daerah Indonesia itu, kata dia, akan hadir juga nama Asep orang Indonesia yang tinggal di Arab Saudi untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan nama Asep lainnya di Garut.

"Yang datang ada dari Kalimantan, Aceh, Makasar, Banten, dari luar juga ada dari Arab Saudi, sekarang sudah di Garut," katanya.

Asep menyampaikan selama ini nama-nama Asep sebagai nama khas orang Sunda sudah banyak tersebar di berbagai daerah Indonesia, begitu juga di luar negeri.

Selama ini, lanjut dia, banyak juga orang Garut maupun daerah lainnya yang bernama Asep bekerja atau tinggal di luar negeri, namun terkait konfirmasi kehadirannya baru dari Arab Saudi, sedangkan dari negara lain belum ada konfirmasi.

"Yang baru konfirmasi baru dari Arab Saudi, kebetulan dia orang Garut bekerja di sana, jadi sekalian pulang, kalau dari negara lain belum ada konfirmasi," katanya.

Tujuan kegiatan pertemuan nama-nama Asep untuk saling mengenal satu sama lain, yang tadinya tidak kenal menjadi kenal, sehingga tercipta persaudaraan.

Selain pertemuan, lanjut dia, ada juga kegiatan lainnya seperti pemberian penghargaan bagi Asep, dan juga bakti sosial yakni memberikan santunan untuk 210 anak yatim piatu di Garut, kemudian donor darah, bazar, dan pagelaran budaya.

"Harapan dari kegiatan ini untuk silaturahmi, sesuai temanya Silaturasep agar tambah dekat, acara ini juga ada kegiatan sosialnya, di antaranya santunan yatim piatu 210 orang," katanya.