2 Kapal Pengangkut BBM Terdampar di Pantai Padang Diterjang Ombak Saat Cuaca Ekstrem
Dua unit kapal pengangkut BBM terdampar di Pantai Padang usai diterjang ombak tinggi di Kota Padang, Sumbar, Jumat (14/7/2023). (FOTO ANTARA/HO Pertamina)

Bagikan:

PADANG - Dua unit kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) terdampar di Pantai Padang, Sumatera Barat akibat diterjang ombak tinggi seusai daerah setempat mengalami cuaca ekstrem pada Jumat (14/7) dini hari.

Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Sumatera Barat, Narotama Aulia Fazri mengatakan insiden itu disebabkan adanya arus hujan yang kuat dari arah hulu menuju Pelabuhan Muaro yang merupakan tempat Kapal SPOV KBT VII & SJ 01 sandar untuk melakukan pemuatan BBM/K untuk kebutuhan di Kepulauan Mentawai.

"Saat ini posisi kapal kandas berada di belakang Masjid Al-Hakim, Kota Padang untuk dilakukan evakuasi dan penanganan," katanya dilansir ANTARA, Jumat, 14 Juli.

Pihaknya memastikan melakukan upaya-upaya terukur dalam penanganan dua unit kapal yang terseret ombak tersebut agar pelayanan kepada masyarakat tetap berlangsung.

“Kondisi saat ini, arus ombak masih relatif tinggi. Setelah arus ombak sudah agak tenang, pihak KSOP dan Transportir akan melakukan penarikan untuk Kapal SPOB Sumber Jaya 01 yang terseret ombak ini,” katanya.

Menurut dia kapal yang terdampar merupakan kapal pengangkut bahan bakar minyak untuk wilayah Mentawai.

“Pertamina saat ini segera mengevakuasi dan mencari kapal pengganti. Sejauh ini, tak ada persoalan BBM di Mentawai,” katanya.

Dia menjelaskan stok BBM di Mentawai masih aman.

“Kami lakukan pemantauan secara rutin,” katanya.

Sementara untuk kapal SPOB Kurnia Budi Terang VII yang terkena batu pihaknya mendapatkan informasi terdapat kebocoran pada badan kapal.

“Alhamdulillah untuk kapal yang satu ini, tidak terdapat muatan BBM, sehingga tidak ada kebocoran yang mencemari laut,” katanya.

Pihaknya juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak transportir dan KSOP, terkait langkah penanganan lanjutan.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan stok BBM di Mentawai dalam keadaan aman seusai dua unit kapal pengangkut BBM diterjang ombak tinggi sehingga terdampar di Pantai Padang, demikian Aulia Fazri.