Sempat Alami Kesulitan, Damkar Jakpus Berhasil Padamkan Api di Rumah Makan Kawasan Senen
Petugas pemadam kebakaran bersama warga Senen Jakpus memadamkan api di sebuah rumah makan/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kobaran api yang melanda permukiman warga dan tempat usaha di Jalan Kramat Pulo Raya, RT 01/03, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat akhirnya berangsur padam. Api berhasil padam sekitar pukul 15.24 WIB.

Proses pemadaman api dilakukan oleh 9 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi. Sementara petugas yang dikerahkan sebanyak 45 orang.

"Saat ini api sudah padam. Untuk jumlah objek yang terbakar masih dalam pendataan," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal saat dikonfirmasi VOI, Senin, 10 Juli.

Sementara dari keterangan salah satu saksi mata bernama Ayu (35) warga sekitar, kebakaran berawal dari kemunculan api di warung pecel ayam milik si emak.

"Awalnya keluar api gitu, kayaknya lagi masak si emak. Tadinya apinya kecil tapi lama - lama gede. Mungkin karena bangunannya kebanyakan kayu kali cepat nyebar ke atasnya. Tiba - tiba langsung naik aja apinya ke atas. Ada suara ledakan, ada suara gas," ujar Ayu.

Ayu mengatakan, terdapat dua kali suara ledakan diduga dari tabung gas dari warung pecel emak dan warung bakso mie ayam.

"Kalau di warung emak enyak sekali (suara ledakan). Kalau di warung bakso sempet ada (ledakan). Sebelahnya itu tukang bakso mie ayam, kalau sebelah sini (samping kanan) rumah warga, kemudian apinya langsung ke belakang. Soalnya di belakang (rumah) pada kena," katanya.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, mobil pemadaman yang tiba ke lokasi juga mengalami keterlambatan.

"Blanwir agak lama juga sih, sudah keburu api nyebar. Karena kan angin ya, yang saya takutin cuma listrik doang. Api cepat banget karena angin pas lagi besar tadi," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sekitar 10 rumah di Jalan Kramat Pulo Raya 4, RT 01/03, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, hangus terbakar api pada Senin, 10 Juli. Api berkobar sekitar pukul 14.00 WIB.