Wapres Kunjungi Ponpes Muqimus Sunnah di Sumsel
Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersilaturahmi dengan para kiai di Pondok Pesantren Muqimus Sunnah di Banyuasin, Sumatra Selatan, Jumat (7/7/2023). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi Pondok Pesantren Muqimus Sunnah di Banyuasin, Sumatra Selatan, untuk bersilaturahim dengan kiai dan menyerahkan bantuan sosial.

Wapres membahas peran dan tanggung jawab ulama, antara lain dari sisi keagamaan menjaga umat dari paham menyimpang, hingga menjaga umat dari cara berpikir sempit dan tekstual.

"Ulama juga bertanggung jawab menjaga umat dari cara berpikir yang sempit dan tekstual, tetapi juga tidak liberal. Tapi (cara berpikir) yang moderat, bagaimana kita membangun Islam yang moderat, ini tanggung jawab ulama,” kata Wapres dilansir ANTARA, Jumat, 7 Juli.

Selain itu, kata Wapres, ulama juga memiliki tanggung jawab kebangsaan dan kenegaraan.

“Karena ada prinsip yang kita anut bahwa hubbul wathan minal iman, cinta Tanah Air bagian dari iman, konsekuensinya kita harus punya tanggung jawab terhadap masalah bangsa ini, siapa pun yang berkuasa, siapapun memimpin bangsa ini, ulama harus menjadi bagian yang menjaga negara dan bangsa ini. Itu saya kira tanggung jawab besar,” paparnya.

Usai pertemuan dengan para kiai, Wapres melakukan shalat Jumat di Aula Ponpes Muqimus Sunnah, selanjutnya menyerahkan bantuan sosial dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berupa beasiswa untuk 30 santri kelas XII di Ponpes Muqimus Sunnah.

Beasiswa Santri yang diberikan tahun 2023, masing-masing senilai Rp6 juta untuk bimbingan belajar serta mendaftar ke kampus favorit guna melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).