Dana Desa Tahap II di Mukomuko Ditarget Cair Sepenuhnya pada Juli
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Jodi. (Foto via ANTARA/Ferri)

Bagikan:

MUKOMUKO - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan semua desa mencairkan Dana Desa tahap II pada Juli 2023. Pasalnya pada bulan yang sama, sudah memasuki tahap III.

"Bulan Juli sudah harus selesai pencairan Dana Desa tahap II untuk semua desa karena bulan Juli sudah masih tahap III," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Jodi.

Ia mengatakan, sampai sekarang hampir sebanyak 60 desa dari 148 desa di daerah ini yang telah mengajukan pencairan DD dan ADD tahap II sebesar 40 persen.

Dari sebanyak 60 desa yang telah mengajukan pencairan DD dan ADD tahap II tersebut, mayoritas berkas desa yang telah disampaikan kepada Badan Keuangan Daerah (BKD) setempat.

Namun dari sebanyak 60 desa yang telah mengajukan pencairan dana desa tahap II, katanya, baru sebagian desa di antaranya yang telah menerima penyaluran DD dan ADD.

Menurut dia, kemungkinan desa belum mengajukan pencairan DD dan ADD karena mereka masih menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan DD tahap I.

Ia mengatakan, instansinya sampai sekarang masih terus menggiring dan mendampingi desa-desa di daerah ini yang belum mengajukan pencairan Dana Desa tahap II untuk secepatnya mengajukan.

"Kami giring terus, jangan sampai desa telat mengajukan pencairan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tahap II tahun ini," ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, katanya, pihaknya juga meminta pemerintah desa untuk segera mengajukan pencairan DD dan ADD tahap II paling lama bulan Juli 2023.

Sementara itu, ia menyebutkan total DD untuk 148 desa di daerah ini sebesar Rp117 miliar, atau mengalami peningkatan sebesar Rp3 miliar dibandingkan sebelumnya Rp114 miliar.

Ia mengatakan, DD tahun ini digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.