Satelit SATRIA-1 Mengangkasa, Diharapkan Percepat <i>Browsing</i> Internet di Daerah 3T Papua
Roket Falcon 9 membawa Satelit SATRIA-1 mengangkasa dari Cape Canaveral Space Launch Complex SLC 40, Florida, AS, Minggu 18 Juni 2023. (ANTARA-Livia Kristianti)

Bagikan:

PAPUA - Pemerintah Provinsi (pemrov) Papua berharap peluncuran Satelit SATRIA 1 membantu percepatan browsing internet di Papua, khususnya yang daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T).

"Kami sangat memberikan apresiasi karena sesuai dengan target peluncuran. Dengan begitu program pemerintah ke depannya bisa cepat terealisasi," kata Kepala Bidang Teknologi Informatika Diskominfo Provinsi Papua Thomas Sibi di Jayapura, Papua, Senin 19 Juni, disitat Antara.

Thomas menjelaskan Papua terdapat 8 kabupaten dan 1 kota, sementara yang sama sekali belum tersentuh internet adalah Kabupaten Mamberamo Raya.

Sedangkan daerah lainnya, lanjut Thomas, terkendala "blank spot", sehingga diharapkan adanya Satelit SATRIA 1 dapat mempermudah layanan internet.

Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi Badan Usaha 1 Bakti Kominfo Ade Dimijanty menyampaikan, Satelit SATRIA 1 meluncur dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS), sekitar pukul 18.21, Minggu 18 Juni, waktu setempat.

Setelah mengangkasa, satelit itu akan langsung menuju orbit 146 derajat BT atau berada di atas langit Papua. Diperkirakan Satelit SATRIA 1 akan berada posisinya pada November 2023.

"Satelit memiliki kapasitas 150 Gbps dan akan diprioritaskan untuk layanan publik, seperti sektor pendidikan, kesehatan, dan lainnya," katanya.

Menurut Ade, SATRIA-1 ditargetkan mulai melayani kebutuhan akses internet cepat untuk titik layanan publik pada awal tahun 2024 karena setelah peluncuran ada beberapa fase sebelum siap beroperasi.

Dia menjelaskan sebanyak 11 stasiun bumi yang menggelar nonton bareng peluncuran SATRIA-1. Khusus di Tanah Papua berlangsung di tiga daerah.

"Di antaranya di Stasiun Bumi Kota Jayapura Papua, Kabupaten Mimika Papua Tengah dan Manokwari Papua Barat. Sekali lagi kami harapkan SATRIA-1 bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," tandasnya.