Bagikan:

DENPASAR - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo menanggapi rekomendasi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) soal nama Sandiaga Uno menjadi calon wakil presiden pasangannya.

Ganjar pun mempersilakan PPP mengusulkan nama Sandiaga yang baru pindah partai dari Gerindra ke PPP ini untuk diusung sebagai wakilnya di Pilpres 2024.

"Ya enggak apa-apa, diusulkan saja. Kan, banyak partai yang bergabung dengan PDI Perjuangan dan kerja sama," kata Ganjar dalam konferensi pers usai acara konsolidasi PDIP Bali yang dipimpin Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu, 17 Juni.

Di sisi lain, Ganjar juga berharap partai-partai lain yang bekerja sama dengan PDIP dalam koalisi juga turut mengusulkan nama tokoh politik lainnya yang selama ini masuk dalam bursa cawapres.

"Dan siapa yang akan bergabung dan akan bekerja sama dan punya calon, yuk diberikan," ucap Ganjar.

Hanya saja, terkait proses penentuan cawapres pendamping dirinya, Ganjar menyebut hal ini masih akan dibahas melalui dialog yang matang antara PDIP dan partai politik pengusungnya.

"Jadi nanti kita akan berembuk (kandidat nama-nama cawapres) secara bersama-sama," tutur dia.

Nama Sandiaga Uno sebelumnya direkomendasikan sebagai calon wakil presiden (cawapres) oleh DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sandiaga disodorkan untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PPP Muhamad Arwani Thomafi dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI PPP VI di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 17 Juni.

"Kami akan bacakan rekomendasi Rapat Pimpinan Nasional Ke-6 terkait dengan pemilihan presiden bahwa Partai Persatuan Pembangunan mengusulkan Saudara Haji Sandiaga Salahuddin Uno sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Umum 2024," ujar Arwani.

Arwani mengungkapkan bahwa dalam Rapimnas VI PPP ini mengusulkan dua nama cawapres, yakni Sandiaga Uno dan Plt Ketua Umum DPP PPP Muhamad Mardiono.

Namun demikian, katanya, Mardiono memilih untuk fokus dalam mengawal seluruh proses kerja partai guna memenangkan Pemilu 2024. Ia mengungkapkan Mardiono akan memastikan seluruh aparatur partai dan para calon anggota legislatif (caleg) bekerja secara maksimal.

"Beliau memutuskan untuk fokus sebagai komandan tertinggi, panglima tertinggi di dalam memenangkan pemilu PPP dalam Pemilu 2024," jelasnya, seperti dinukil dari Antara.

Ia mengatakan, Mardiono diamanatkan untuk memperjuangkan Sandiaga Uno sebagai bakal cawapres kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"PPP mengamanatkan kepada Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono untuk menyampaikan dan memperjuangkan Sandiaga Salahudin Uno sebagai cawapres kepada Ketua Umum PDIP Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri untuk mendampingi capres Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024," tambah dia.