Sawah Sangat Kering, Dinas Pertanian Nagan Raya Aceh Pinjamkan Mesin Pompa Air ke Kelompok Tani
Arsip Foto - Sawah milik petani mengering di Desa Pasie Jambu, Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Kamis (8/6/2023). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.)

Bagikan:

NAGAN RAYA - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menyediakan bantuan mesin pompa air bagi kelompok tani guna menghadapi dampak kekeringan di wilayah Kecamatan Seunagan Timur.

"Pompa air kita pinjam-pakaikan ke kelompok tani, dengan harapan agar dapat membantu mengairi sawah yang saat ini sudah sangat kering," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Safridhal, saat dihubungi dari Suka Makmue, Antara, Rabum, 13 Juni. 

Ada tiga mesin pompa air yang sudah dipinjam-pakaikan kepada kelompok tani di Keudee Linteung dan Agoy Karyan, Kecamatan Seunagan Timur, di bawah pengawasan Keujrun Nagan.

Selain itu ada satu pompa air yang sudah dihibahkan kepada kelompok tani di Desa Kila, Kecamatan Seunagan Timur.

Safridhal menyampaikan bahwa menurut data sementara lahan sawah di Kecamatan Seunagan Timur yang luasnya sekitar 700 hektare mengering karena debit air sungai di Cot Gud yang mengalir ke persawahan turun.

"​​​​​​Memang akan ada dampak terhadap produksi padi tahun ini, namun kita harapkan jumlahnya tidak banyak," kata Safridhal.