Dramatis, Pemindahan Pria 300 Kg ke RSCM Menggunakan Truk Pemadam Kebakaran
M. Fajri dibawa ke RSCM menggunakan truk pemadam kebakaran/ Foto: IST

Bagikan:

TANGERANG - Muhammad Fajri (27), penderita obisitas dengan berat 300 kilogram (Kg) akhirnya dipindahkan dari RSUD Kota Tangerang menuju RSCM, Jakarta Pusat, malam ini, Jumat, 9 Juni.

Proses pemindahan Fajri pun tak kalah dramatis yakni menggunakan truk pemadam kebakaran. Sebab, mobil ambulans RSUD Kota Tangerang tidak memadai lantaran tubuh Fajri yang begitu besar.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono membenarkan bila pihaknya turut membantu membawa Fajri ke RSCM, Jakarta Pusat dengan truk pemadam kebakaran yang telah dimodifikasi.

“Jam 3 sore dapat telepon dari RSU, meminta bantuan untuk membawa Fajri ke RSCM. Lalu, jam 4 sore kita tindaklanjuti langsung bergerak ke RSU (Kota Tangerang),” kata Maryono saat dikonfirmasi, Jumat, 9 Juni.

Maryono menjelaskan, meski dibawa menggunakan truk namun Fajri diberikan alas kasur dan alat penunjang kesehatan.

“Setelah habis Maghrib tadi diantar ke RSCM. Didampingi petugas kami (Damkar) ada 7 orang, petugas RSU tiga orang, tenaga medis,” ucapnya.

Direktur RSU Kota Tangerang, dr U.O Taty Damyanti menuturkan bila pihaknya memang merujuk Fajri ke rumah sakit yang lebih besar dan lengkap lagi peralatannya, yakni ke RSCM.

Karena menurutnya, Fajri membutuhkan penanganan yang lebih rumit lagi, seperti bedah digestif dan bedah vaskular.

“Butuh bedah digestif untuk tata laksana penurunan berat badan, untuk menurunkan penyerapan kalori tubuhnya. Dan bedah vaskular, karena kakinya besar membutuhkan dokter-dokter pembuluh darah juga,” pungkasnya