8 Rumah di Cawang Jaktim Kebakaran, Satu Bocah Perempuan Disabilitas Tewas
Ilustrasi. Personel Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta memadamkan api yang melahap bangunan. (Instagram @damkarjogjaistimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 8 rumah di Jalan Swadaya, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur (Jaktim) terbakar. Kebakaran menyebabkan satu bocah perempuan penyandang disabilitas tewas berinsial T (10) tewas.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jaktim, Gatot Sulaeman mengatakan kejadian itu terjadi pada Jumat, 2 Juni dini hari.

“Betul, satu orang tewas bocah 10 tahun,” kata Gatot saat dikonfirmasi, Jumat, 2 Juni.

Gatot menjelaskan, kebakaran rumah kontrakan itu diduga adanya kebocoran tabung gas salah satu bangunan.

Namun nahas, saat api berkobar seorang penyandang disabilitas berada di dalam kamar rumah terdampak . Sementara sang ibu yang sedang beraktivitas di luar rumah saat kejadian tak dapat berbuat banyak ketika si jago merah merembet cepat.

"Api berasal dari kebocoran tabung gas dari salah rumah kontrakan, lalu terlihat api yang membesar dari bagian kamar dan api merambat ke rumah lainnya," katanya.

“(Karena) anak tersebut difabel dan ditinggal oleh ibunya di dalam kamar, ibunya sedang tidak berada di rumah,” sambungnya.

Gatot bilang perlu 12 unit Mobil Damkar dengan 60 personel untuk menjinakan kebakaran tersebut. "Terselamatkan 12 KK (Kepala Keluarga), 42 jiwa," imbuhnya.

Berdasarkan perkiraan sementara, kerugian akibat kebakaran yang membuat delapan rumah mencapai Rp700 juta.