Wapres-Dubes Arab Saudi Bahas Liga Arab hingga Kemitraan 2 Negara
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat menerima Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah H. Amodi di Jakarta, Kamis (25/5/2023). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah H. Amodi membahas kepemimpinan Arab Saudi pada Konferensi Tingkat Tinggi Liga Arab serta hubungan kemitraan kedua negara.

"Pada siang hari ini, Kamis, tanggal 25 Mei, Wakil Presiden menerima tamu dua diplomat penting dari Arab Saudi, yaitu Dubes Arab Saudi Faisal bin Abdullah H. Amodi dan Wakil Dubes Bapak Essam Al Getale. Keduanya diterima oleh Wakil Presiden dalam suasana kekeluargaan, suasana bersahabat dan saling memberikan rasa senang antara satu dengan yang lain,” ujar Juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, dilansir ANTARA, Kamis, 25 Mei.

Masduki menyampaikan saat menerima Dubes Faisal, Wapres Ma'ruf menyampaikan apresiasi yang tinggi dan mendalam kepada pemerintah Arab Saudi yang baru saja menyelenggarakan KTT Liga Arab di Jeddah.

"(KTT) itu memang diikuti dengan baik oleh Wakil Presiden dan salah satu yang juga sangat diapresiasi oleh Wakil Presiden adalah kepemimpinan Arab Saudi dalam Liga Arab kali ini karena satu hal yang menjadi fokus dari kepemimpinan Liga Arab saat ini adalah merangkul kawan-kawan yang lama," jelasnya.

Wapres, kata Masduki, mengapresiasi Arab Saudi yang kembali merangkul Presiden Suriah, meski hubungan kedua pemimpin negara tersebut sempat menjadi tidak akrab.

Wapres Ma'ruf berharap kepemimpinan Arab Saudi di Liga Arab bisa mempersatukan dunia Islam dan umat Islam untuk menjadi sebuah kekuatan yang bisa dihitung oleh kekuatan-kekuatan yang lain.

"Jadi Wapres dalam hal ini sangat berharap kepemimpinan Arab Saudi ini ke depan bisa efektif membawa Liga Arab menjadi pemersatu umat Islam," ujar dia.

Pada pertemuan itu, Wapres Ma'ruf dan Dubes Faisal juga membahas hubungan Arab Saudi dengan Indonesia yang selama ini sudah terbangun cukup lama dan sangat baik.

Dubes Faisal menyampaikan salam Raja Arab kepada Wapres dan menyatakan hubungan antara Pemerintah Arab Saudi dengan Indonesia adalah hubungan yang khusus dengan sejarah cukup panjang.

Arab Saudi berharap hubungan dengan Indonesia dapat berjalan lebih konkret, khususnya dalam hal aspek perdagangan dan ekonomi.

"Karena selama ini hubungan Arab Saudi dengan Indonesia itu cukup baik, tetapi dalam konteks perdagangan belum maksimal. Dia mencontohkan, misalnya, bahwa hubungan Indonesia dengan China baik, hubungan Arab Saudi dengan China baik, mitra dagang yang baik di antara keduanya, tapi bagaimana caranya antara Arab Saudi dengan Indonesia juga mitra dagangnya bisa ditingkatkan," papar Masduki.

Menurut Masduki, Wapres dan Dubes Faisal menyatakan komitmen untuk meningkatkan kemitraan Indonesia dengan Arab Saudi.

Terakhir, pada pertemuan itu, Wapres Ma'ruf juga menyampaikan keinginannya berkunjung ke Arab Saudi pada tahun depan menjelang akhir masa jabatan sebagai Wakil Presiden.