Pastikan Tak Intervensi soal Penggeledahan KPK di Kemensos, Menteri Risma: karena Saya Tak Tahu Masalahnya
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini karib disapa Risma. (dok. Kemensos)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menegaskan tidak akan mengintervensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kantor Kementerian Sosial (Kemensos) diketahui baru saja digeledah KPK ihwal pengusutan kasus dugaa korupsi bantuan sosial (bansos) penyaluran beras tahun 2020.

"Karena saya tahu bahwa saya tidak bisa intervensi apapun di situ, karena saya tidak tahu masalahnya," ujar Mensos di Jakarta, Rabu 24 Mei, disitat Antara.

Mensos Risma membenarkan penyidik KPK mendatangi kantornya dan meminta izin untuk melakukan penggeledahan di ruangan Sekretaris Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial (Ditjen Dayasos) Kemensos.

Dia mengaku membaca sekilas berita acara penggeledahan KPK, hanya sebatas pemeriksaan di Kantor Kemensos terkait dugaan korupsi penyaluran bansos yang terkait dengan anak perusahaan BUMN Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistik.

Mensos Risma mengklaim kasus yang dalam penyidikan KPK tersebut bukan pada saat dirinya menjabat sebagai pimpinan di Kemensos.

Namun, menurut dia ada kejanggalan pada dugaan korupsi bansos beras untuk keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2020. Urusan yang seharusnya menjadi kewenangan Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial (Ditjen Linjamsos), tapi malah menjadi perkara di Ditjen Dayasos.

"Jadi kalau teman-teman tanya masalahnya di mana, saya ga tahu. Hanya yang saya tahu ini aneh, kenapa duit yang di Dayasos itu turut serta. Tapi kan saya nggak tahu case kejadiannya kayak apa," ujarnya.

Mensos Risma kembali menegaskan setelah dilantik menjadi Menteri Sosial, ia mengemban amanat Presiden agar bantuan untuk para KPM tidak disalurkan berupa barang, namun dengan uang.

KPK tengah menyidik kasus dugaan korupsi bansos beras untuk KPM PKH tahun 2020-2021 di Kemensos RI. Hasilnya, KPK menetapkan sejumlah tersangka, salah satunya mantan Direktur Utama BUMN Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistik Kuncoro Wibowo.