672 Warga Binaan Lapas Narkotika Cirebon Jalani Tes Usap Menyusl 3 Pegawai Positif COVID-19
Petugas Dinkes Cirebon engambil sampel warga binaan di lapas narkotika cirebon (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar) melakukan tes usap massal kepada 672 warga binaan di Lapas Narkotika Cirebon menyusul 3 petugas terkonfirmasi positif COVID-19. 

"Kali ini yang mengikuti tes usap terdapat 672 warga binaan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni dilansir Antara, Kamis, 21 Januari. 

Enny mengatakan tes usap massal dilakukan setelah pihaknya menerima permintaan dari Lapas Narkotika Cirebon, untuk memfasilitasi tes COVID-19.

Menurutnya tes tersebut setelah adanya 3 orang petugas Lapas Narkotika Cirebon dinyatakan positif COVID-19 dan saat ini menjalani isolasi mandiri.

"Tes usap ini dikarenakan adanya tiga petugas terkonfirmasi positif COVID-19, meskipun yang satu sudah dinyatakan sembuh," tuturnya.

Kepala Lapas Narkotika Cirebon, Nur Bambang Supri Handono menambahkan, setelah pihaknya mengetahui ada petugas yang terkonfirmasi positif, langsung menghubungi Dinas Kesehatan.

Tes usap merupakan upaya Lapas Narkotika Cirebon untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.  "Ini upaya kami agar warga binaan yang berada di Lapas Narkotika tetap steril dari COVID-19," katanya.