Bagikan:

BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melakukan perbaikan darurat Jembatan Way Komering di Kabupaten Lampung Tengah yang mengalami amblas beberapa waktu lalu.

"Untuk Jembatan Way Komering yang ada di ruas Jalan Provinsi Padang Ratu-Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah yang amblas beberapa waktu lalu dalam proses perbaikan," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Febrizal Levi Sukmana dilansir ANTARA, Rabu, 17 Mei.

Dia mengatakan penanganan jembatan yang dilakukan sejak sepekan lalu merupakan penanganan darurat terlebih dahulu, sebagai respon kedaruratan bencana untuk perkuatan tebing.

"Jembatan sudah ditangani, saat ini penanganan darurat yang penting tidak putus dahulu dan bisa dilalui masyarakat. Sebab akibat banjir badan jalan mengalami longsor pada ofrit jembatan dan tersisa 70 persen," kata Febrizal.

Pihaknya juga akan melakukan normalisasi sungai, perbaikan serta penguatan tebing sungai, lalu perbaikan dan peningkatan struktur abutment jembatan.

"Dengan adanya ini truk dan mobil besar dilarang melintas serta dialihkan sementara waktu, bila mobil berukuran kecil serta motor masih diperbolehkan," ujar Febrizal.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan peningkatan struktur jembatan serta melakukan rehab.

"Tinggal selanjutnya kita akan anggarkan lagi untuk memperkuat di APBD Perubahan, serta untuk perkuatan lebih mantap akan dilakukan pada 2024," imbuh dia.