Semalaman Terombang Ambing di Perairan Selat Rote NTT, 4 Nelayan Alami Kecelakaan Dievakuasi
Ilustrasi nelayan mencari ikan di tengah laut. (dok Kementerian KKP)

Bagikan:

NTT - Basarnas Kupang mengevakuasi empat orang nelayan yang terombang-ambing di perairan Selat Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal yang ditumpangi para nelayan itu mengalami kecelakaan.

"Basarnas Kupang menerima informasi dari keluarga para nelayan itu tentang adanya kecelakaan laut yang dialami empat nelayan yang sedang dalam pelayaran menuju Pulau Rote, akibat kapal motor yang mereka tumpangi mengalami kebocoran," kata Kepala Basarnas Kupang I Putu Sudayana di Kupang, NTT, Rabu 17 Mei, disitat Antara.

Menurut dia, kapal motor yang ditumpangi empat nelayan itu berangkat dari Pantai Namosain, Kota Kupang, pada Selasa 16 Mei pukul 23.00 WITA dengan tujuan Rote, Kabupaten Rote Ndao

Dalam perjalanan kapal mengalami kebocoran di Selat Rote dan keempat nelayan berupaya untuk mengatasi kebocoran kapal. Namun gagal karena kondisi gelap sehingga kapal dipenuhi air laut.

Para nelayan mengapung berupaya menyelamatkan diri pada bagian bodi kapal yang terombang-ambing di permukaan air laut. Mereka juga meminta bantuan ke Basarnas untuk dilakukan evakuasi.

I Putu Sudayana mengatakan setelah menerima permintaan bantuan, tim SAR bergerak menuju lokasi kejadian. Sebanyak 10 kapal karet dikerahkan dalam operasi penyelamatan tersebut.

Saat berada di koordinat 10°23'38.61"S-123°24'49.64"E, tim SAR menemukan para korban dalam kondisi selamat di perairan Rote pada Rabu 17 Mei pukul 04.45 WITA.

"Keempat korban yang berhasil diselamatkan tim SAR langsung di evakuasi ke Desa Tablolong, Kabupaten Kupang, dengan jarak dari lokasi ditemukan korban 6,25 notikel mail (NM)," pungkasnya.