Lima Kabupaten di Kaltim Ini Diprakirakan BMKG Hujan Petir Minggu Sampai Senin
Tiga pengendara sepeda motor melintasi Jalan Brigjen Katamso Samarinda yang sedang banjir karena hujan, Sabtu (13/5/2023). ((Dok. ANTARA/M. Ghofar)

Bagikan:

BALIKPAPAN - Lima di antara 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan mengalami hujan disertai petir dan angin kencang pada Minggu -Senin, 15 Mei sehingga warga diminta untuk waspada.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Sabtu, mengatakan dampak peristiwa ini, antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor.

Informasi prakiraan cuaca ini telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik tingkat provinsi maupun kabupaten, agar dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat.

Sebanyak lima kabupaten yang diprakirakan hujan dan petir, yakni Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu, sedangkan lima daerah lainnya cerah hingga hujan ringan, yakni Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kutai Barat, Paser, dan Penajam Paser Utara.

Rincian lima kabupaten yang hujan dan petir adalah Kabupaten Berau diprakirakan terjadi pada Minggu (14/5), sekitar pukul 17.00 Wita di Kecamatan Kelay dan Segah, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Pukul 20.00 Wita hujan dan ​​​petir berpotensi terjadi di Kecamatan Maratua, Batu Putih, dan Biduk-Biduk, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan pada jam tersebut hingga Senin (15/5) dini hari.

Di Kabupaten Kutai Barat hujan dan petir terjadi pada Minggu (14/5), sekitar pukul 17.00 Wita di Kecamatan Muara Pahu, Jempang, dan Muara Lawa, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga pukul 20.00 Wita.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Minggu (14/5), pukul 14.00 Wita, hujan dan petir terjadi di Kecamatan Tabang, pukul 17.00 Wita, demikian juga di Kecamatan Kenohan.

Di Kabupaten Kutai Timur pada Minggu (14/5), pukul 17.00 Wita, hujan dan petir di Kecamatan Busang dan Muara Wahau, di Kecamatan Sandaran pukul 20.00 Wita, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga Senin (15/5) dini hari.

Di Kabupaten Mahakam Ulu pada Minggu (14/5), pukul 11.00 Wita hujan petir di Kecamatan Laham, pukul 14.00 Wita, dan Kecamatan Long Apari serta Long Pahangai, sedangkan hujan ringan pukul 20.00-23.00 Wita di semua kecamatan.

"Senin (15/5) dini hari hujan ringan di Kecamatan Long Bagun dan Long Hubung," kata Yudha dikutip ANTARA, Sabtu, 13 Mei.