Banjir Bandang di Gunung Mas Bogor Rusak 3 Jembatan, Fasilitas Agrowisata Hingga Putusnya Jalan Penghubung
Bupati Bogor Ade Yasin (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 3 jembatan hancur akibat banjir bandang di Kompleks Gunung Mas, Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat  pada Selasa, 19 Januari kemarin. 

"1 jembatan hanyut terbawa banjir, 2 jembatan mengalami kerusakan," ungkap Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau lokasi pengungsian bersama Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, dilansir Antara, Rabu, 20 Januari. 

Dia mengatakan, banjir akibat meluapnya aliran anak Sungai Ciliwung yang melewati perkebunan teh PTPN VIII itu juga merusak sejumlah fasilitas di Agrowisata Gunung Mas seperti tiga kamar mandi yang terendam dan hanyut.

Kemudian akses jalan penghubung ke Emplasement Rawadulang di Gunung Mas yang rusak berat.

Ade Yasin menyebutkan, tercatat 180 keluarga (KK) dengan 714 jiwa mengungsi akibat peristiwa banjir bandang. Para korban bencana tersebut diungsikan di beberapa lokasi karena khawatir terjadi kerumunan di tengah pandemi COVID-19.

Ada 5 lokasi yang menjadi tempat pengungsian, yaitu di Pondokan Gunung Mas 223 jiwa, di Rawa Dulang 30 jiwa, di Cirohani 15 jiwa, di Kampung Pensiunan 416 jiwa, dan di Kampung Citeko 30 jiwa.

Menurutnya, para korban bencana baru dibolehkan pulang ke rumah masing-masing ketika situasi sudah mulai normal, karena khawatir terjadi banjir bandang susulan.

"Sampai kapannya harus mengungsi tergantung situasi, yang penting sekarang kebutuhan pangan dan lain-lainnya di pengungsian harus terpenuhi," ujarnya.

Hingga Rabu petang, sejumlah petugas nampak masih membersihkan rumah-rumah warga dan sejumlah akses jalan dari timbunan lumpur.