BMKG Catat 32 Kali Gempa di Selat Sunda hingga Petang
Tangkapan layar peta pusat gempa dengan magnitudo 5,1 yang terjadi di Selat Sunda pada Rabu (10/5/2023) pukul 17.48 WIB. (ANTARA/BMKG)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga petang ini mencatat 32 kali kejadian gempa bumi di wilayah Selat Sunda setelah gempa pertama dengan magnitudo 5,4 yang terjadi pada pukul 11.24 WIB.

"Hingga pukul 18.13 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 32 aktivitas gempa bumi dengan magnitudo terbesar 5,1 dan yang terkecil 2,3," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dikutip ANTARA, Rabu, 10 Mei.

Dia mengatakan gempa bumi yang terjadi di Selat Sunda pada Rabu merupakan gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif.

Menurut Daryono, gempa tersebut bukan gempa megathrust, gempa sangat besar yang terjadi di zona subduksi.

"Sehingga masyarakat pesisir tidak perlu cemas atau khawatir dan tetap beraktivitas seperti biasa," katanya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi di Selat Sunda memiliki mekanisme pergerakan geser.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi (menimbulkan) tsunami," katanya.

Daryono mengimbau warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa serta memastikan bangunan tempat tinggal tidak mengalami kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.