Arahan Kapolri soal Pengamanan KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo
Kapolri Polisi Listyo Sigit Prabowo (kanan) dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberikan keterangan pers usai pemeriksaan personel dan alutsista, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu, 6 Mei. (Foto via ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Bagikan:

JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Tak hanya keamanan, kenyamanan masyarakat sekitar pun jadi fokus Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri memerintahkan para personel untuk memperhatikan kenyamanan masyarakat selama pengamanan ASEAN Summit.

"Perlu saya tekankan dalam menjamin keamanan KTT ASEAN 2023 kita juga harus memperhatikan kenyamanan masyarakat sekitar," kata Listyo, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 6 Mei.

Hal itu Kapolri Sigit sampaikan berkaitan dengan pengalihan jalur, rekayasa lalu lintas, dan rumah warga yang dimanfaatkan sebagai tempat menginap para personel.

Sigit menegaskan agar para personel membaur dan melakukan penguatan komunikasi publik.

Lewat komunikasi yang baik tersebut maka masyarakat dapat mendukung penuh proses pengamanan KTT ke-42 ASEAN yang dijalankan oleh TNI dan Polri.

"Karena KTT ASEAN 2023 ini sangat penting dalam memberikan keputusan strategis dan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN dan tentunya memberi multiplayer effect di Labuan Bajo, NTT, dan secara umum Indonesia," ucapnya optimis.

Lebih lanjut Sigit memerintahkan personel untuk menjauhi segala bentuk penyimpangan dan hindari hal-hal yang dapat merusak nama baik institusi.

"Senantiasa tampilkan sosok yang dekat serta dicintai masyarakat," katanya menegaskan.

TNI dan Polri telah melakukan apel gelar pasukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

Pengamanan akan dilakukan mulai tanggal 7 Mei sampai 13 Mei 2023.

Dalam pengamanan tersebut, Polri akan melakukan rekayasa lalu lintas berupa lawan arus pada beberapa titik untuk memperlancar akses transportasi bagi para kepala negara ASEAN dan tamu delegasi selama kegiatan internasional tersebut.

Polri pun mengerahkan 2.627 personel untuk melakukan pengamanan selama KTT ke-42 ASEAN.