KKB Sebar Foto Senjata Hingga Prajurit Korban Penyerangan, TNI: Hoaks, Pola Teroris
ILUSTRASI/Personel TNI-Polri melakukan patroli gabungan untuk mengantisipasi gangguan KKB di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. (ANTARA/HO/Dok Polres Intan Jaya)

Bagikan:

JAKARTA - TNI tegas menyatakan foto yang disebar Kelompok Separatis Teroris (KST) atau kelompok kriminal bersenjata (KKB) terkait penyerangan terhadap Satgas Yonif R 321/GT di Mugi-Mam Kabupaten Nduga, Papua, hanyalah kebohongan alias hoaks.

KKB sempat menyebarkan foto senjata, munisi, dan korban pembunuhan di balik aksi penyerangan terhadap anggota TNI.

"Dari yang disebar kali ini saja, KST mengklaim jumlah prajurit TNI dari Kopassus yang meninggal 16 orang. Namun sesuai data kami yang meninggal 5 orang dari Satgas Yonif R 321/DY, dari sisi ini saja sudah hoaks," ujar Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono dalam keterangannya, Kamis, 4 Mei.

Selain itu, proses penegakan hukum dari TNI-Polri juga akan terus dilakukan. Sehingga, klaim dari KKB itu akan terbukti hanyalah kebohongan atau justru memang benar adanya.

“Sehingga pemberitaan yang dilakukan oleh gerombolan KST itu dapat diperoleh kepastian dan semua klaim dari KST kelompok Separatis Egianus Kogoya perlu dipertanggungjawabkan,” sebutnya.

Karenanya masyarakat diminta tak langsung percaya dengan kabar tersebut. Sebab, pola itu memang kerap digunakan KKB dengan tujuan tertentu

"Kami harap kepada semua pihak, untuk tidak selalu mempercayai narasi pemberitaan yang disampaikan oleh gerombolan KST dan simpatisannya, karena pola-pola teroris memang seperti itu,” kata Julius.