Bagikan:

JAKARTA - Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi kandidat paling banyak didukung dalam Rakernas Partai Buruh yang digelar Januari lalu. Namun, hasil Rakernas tersebut belum final sehingga Partai Buruh belum memutuskan untuk mendukung bacapres PDI Perjuangan itu. 

Said menjelaskan, untuk menentukan dukungan terhadap sosok capres 2024, masih ada tiga tahapan yang harus dilalui Partai Buruh.

"Ada 3 tahap yang sudah disusun, satu di Rakernas, exco pusat, exco provinsi 38 hadir, 457 exco Kabupaten/Kota hadir di Rakernas ada sayap partai hadir di Rakernas. Mereka Januari 2023 lalu sudah selesai keputusan capres-cawapres," ujar Said.    Selain Ganjar, nama-nama yang masuk bursa capres-cawapres Partai Buruh diantaranya bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan, jurnalis senior Najwa Shihab hingga Ketum Partai Buruh sendiri, Said Iqbal. 

"Satu, Ganjar, dua, Said Iqbal, tiga, Anies Baswedan, empat, Najwa Shihab," jelas Said. "Ada dua calon alternatif, ada Said Iqbal dan Najwa Shihab, dua yang memang sudah beredar. Pak Ganjar terbanyak saat Rakernas betul, tapi belum putusan," lanjutnya.

Said menambahkan, saat Rakernas lalu Partai Buruh juga memvoting dukungan untuk cawapres. Nama ketua umum Kadin Arsyad Rasyid memperoleh dukungan terbanyak.

"Empat cawapres, yaitu Arsyad Rasyid Ketum Kadin, Said Iqbal Ketum Partai Buruh, Mahfud Md, kemudian Najwa Shihab. Sangat demokratis Partai Buruh," ucapnya.