Kebakaran Trans Studio Mall Makassar, Polisi Periksa 7 Orang Saksi
Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhamad Ngajib/ANTARA/Darwin Fatir.

Bagikan:

MAKASSAR  - Penyidik Polrestabes Makassar memeriksa tujuh saksi usai kebakaran Trans Studio Mall (TSM) untuk memastikan penyebab kebakaran yang terjadi pada Senin, 24 April malam.

"Penyidik telah memeriksa terhadap tujuh orang saksi yang menyaksikan pada saat kejadian termasuk staf TSM, " ujar Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhamad Ngajib dilansir ANTARA, Rabu, 26 april.

Selain memeriksa tujuh orang saksi-saksi, tim Reskrim Polrestabes dan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel juga telah melaksanakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

"Hasil olah TKP adalah sumber api dari terowongan both foto akibat lampu menyala terus menerus mempengaruhi bunga kertas hingga menimbulkan kebakaran," katanya.

Soal alat pemadam kebakaran ringan (APAR) maupun sprinkle  di atas plafon diduga tidak berfungsi saat kejadian, polisi ditegaskan Ngajib, masih menyelidiki.

"Jadi begini, untuk mengarah ke sana, kita fokus dulu sebab-sebab dari pada kebakaran itu. Untuk ke sana nanti dilihat Labfor," sambungnyay.

Kebakaran awalnya terjadi di lantai satu Trans Studio Mall Makassar pada Senin (24/4) malam sekitar pukul 18.00 WITA. Dari rekaman video viral, Both foto menara Eiffel dan dekorasi bangunan bunga-bunga terbuat dari kertas di lantai satu terpapar panas lampu diduga korsleting listrik hingga menimbulkan asap.

Selanjutnya muncul api di dekat lampu tersebut. Bahkan terlihat security melintas di area itu dan melihat api, kemudian dengan cepat membesar membuat pengunjung panik dan berhamburan keluar TSM. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun puluhan korban mengalami sesak napas saat berhasil keluar dari pusat keramaian tersebut.