Arteria Dahlan Minta Pimpinan KY Baru Tutup Ruang Transaksi Pengaruh dalam Seleksi Calon Hakim Agung
Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan (Foto: Instagram @arteriadahlan)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan, mengucapkan selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua baru Komisi Yudisial (KY).

Dalam rapat Pleno yang diikuti oleh seluruh komisioner KY, terpilih Mukti Fajar Nur Dewata sebagai Ketua KY dan M Taufiq Hz sebagai Wakil Ketua KY. 

"Selamat mengemban tugas, semoga amanah," singkat Arteria dalam pesan elektronik yang diterima VOI, Senin, 18 Januari.  

Ada beberapa catatan perbaikan yang harus dilakukan komisioner KY ke depan. Pertama, pembenahan internal baik dalam konteks kinerja, tata kelola, kesepahaman dan sistem nilai hingga sistem seleksi. 

"Dalam sistem seleksi, pimpinan KY baru harus memastikan serta menutup ruang tidak adanya barter kepentingan maupun perdagangan pengaruh dalam konteks seleksi calon-calon hakim agung," terang Arteria. 

Arteria menyebutkan, pimpinan KY harus memiliki kesepahaman nilai dalam rangka seleksi calon hakim agung yang layak untuk diusulkan dan dipilih oleh DPR RI. 

Politisi PDI Perjuangan ini juga berharap, pimpinan baru KY mampu memperbaiki komunikasi serta memperkuat sinergitas dengan lembaga lain, khususnya Mahkamah Agung (MA), DPR RI hingga kementerian. 

"Ini semata-mata untuk tujuan positif guna penguatan sistem peradilan lebih baik, kredibel, dan terpercaya," terang dia.