Bagikan:

JAKARTA - Selama Lebaran 2023 kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) pada wilayah di Jayapura berkurang.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboen mengatakan, selama Lebaran 2023 pihaknya menerima dua laporan kasus laka lantas.

“Selama Lebaran kami hanya terima dua laporan, artinya bahwa kasus laka lantas di Kabupaten Jayapura selama Lebaran berkurang,” katanya mengutip Antara.

Menurut Kapolres, pihaknya selalu rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang aturan berlalu lintas saat berkendara melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jayapura.

“Biasanya banyak laporan masuk melalui Satlantas terkait laka lantas tetapi untuk Lebaran 2023 ini baru dua laporan saja yang diterima,” ujarnya.

Dia menjelaskan masyarakat sebagai pengendara ketika mematuhi aturan berlalu lintas maka akan selamat dan aman selama berkendara di jalan.

“Namun sebaliknya jika tidak patuh dengan aturan lalu lintas saat berkendara maka tentu akibatnya laka juga di jalan raya,” katanya lagi.

Dia menambahkan masyarakat mulai sadar dan paham dengan aturan berlalu lintas sehingga pada Lebaran 2023 ini kasus laka berkurang.

“Kami berharap masyarakat selalu patuh dan tertip saat berkendara, jaga diri berarti menjaga orang lain juga karena jika terjadi laka dampak bukan hanya untuk diri sendiri tetapi orang lain juga,” ujarnya lagi.