Waspada, BMKG Ingatkan Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Indonesia
Ilustrasi Cuaca Esktrem (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan dini mengenai kondisi cuaca di wilayah Indonesia pada Senin 24 April 2023. Di mana sejumlah wilayah Tanah Air, berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Dikutip dari situs BMKG hari ini, potensi hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 milimeter (mm) diperkirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Wilayah dengan potensi hujan disertai kilat, yakni Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Maluku.

Potensi angin kencang bisa terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan.

Hujan dengan intensitas lebat di wilayah perairan berpotensi terjadi di Perairan Barat Sumatera, selat Karimata, Laut Jawa, Perairan Selatan Kalimantan, Perairan selatan Jawa Barat-Jawa Timur, Laut Maluku, Laut Seram, Laut Banda, Laut Timor, Selat Sape, Laut Arafura, dan Teluk Cendrawasih.