Libur Lebaran, Jumlah Pengunjung Ancol Capai 94 Ribu Orang
DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol melewati target pengunjung pekan libur Lebaran sebesar 80 ribu orang.

"Benar, sudah melewati target 80 ribu pengunjung. Per pukul 17.00 WIB tadi jumlah pengunjung Ancol sudah mencapai 94.000 orang, ini tertinggi sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah dicabut," ujar Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho kepada wartawan di Jakarta Utara dilansir ANTARA, Minggu, 23 April.

Sedangkan sehari sebelumnya, atau pada 1 Syawal 1444 Hijriah, Sabtu, Eko mengatakan jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sebanyak 51.000 orang.

Menurut dia, jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol diperkirakan ramai hingga dua hari mendatang atau pada 25 April.

Untuk mengantisipasi ini, manajemen Taman Impian Jaya Ancol telah menyiapkan sistem sentral parkir dan juga mensterilkan lalu lintas dalam kawasan Ancol agar dapat khusus dilintasi Bus Wara-Wiri sebanyak 61 unit yang bisa digunakan untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain secara gratis.

Armada bus itu menambah jumlah kendaraan pengumpan di dalam kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Eko mengatakan selain hari libur Lebaran, Ancol biasanya hanya mengoperasikan lima Bus Wara-Wiri reguler.

Eko mengatakan pada 23, 24, dan 25 April 2023, ada tiga rute pelayanan Bus Wara-Wiri itu antara lain rute timur melewati Pintu Gerbang Timur Symphony of The Sea hingga kawasan Ancol Beach City (ABC) Mall, rute tengah melewati Sea World, Ocean Dream Samudra, Gondola, Atlantis.

Adapun rute barat (kuning) mengarah ke Dunia Fantasi (Dufan), dermaga Marina, hingga ke kawasan Pantai Festival dan Pantai Indah.

Kapasitas Bus Wara-Wiri ada yang 25 penumpang dan ada yang 40 penumpang.

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan 11 unit kendaraan khusus lansia, ibu hamil dan penyandang disabilitas (Lifecare) berbentuk van yang berfungsi sebagai kendaraan minibus wara-wiri jalur barat ke timur kawasan wisata di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara itu secara gratis.

Adapun kapasitas kendaraan Lifecare, kata Eko, maksimal empat penumpang per unit.

Selain bus, manajemen Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan dua rangkaian Kereta Wisata Sato-Sato berkapasitas 60 penumpang.

Eko mengimbau semua pengunjung Ancol yang membawa kendaraan pribadi dapat mengikuti arahan petugas di lapangan untuk memarkir kendaraan terlebih dulu di tempat parkir sentral yang disediakan selama berwisata di dalam kawasan Ancol.

Tujuannya agar semua pengunjung, baik yang berkebutuhan khusus maupun yang membawa kendaraan pribadi dapat sama-sama menikmati kenikmatan wisata yang setara di dalam kawasan Ancol.

Pada pukul 16.00 WIB, jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol mencapai 85.000 orang, jumlah sepeda motor 13.000 dan 12.000 mobil yang masuk.

Sebagian sudah ada yang keluar dari kawasan Ancol, namun Eko memperkirakan jumlah pengunjung masih berpotensi naik lagi karena masih ada konser musik Souljah, Tony Q Rastafara, dan Dj NDX AKA di Pulau Tengah Ecopark pada pukul 16.30 hingga 21.00 WIB.

Adapun lalu lintas dalam kawasan Ancol sejak pagi hingga petang ini masih terus terlihat lengang karena Ancol menerapkan sistem sentral parkir.

Eko mengatakan kapasitas sentral parkir bisa muat hingga 6.000 unit mobil dan 17.000 unit sepeda motor.

Kawasan Ancol beroperasi hingga pukul 24.00 WIB.

Berikut jam operasional kawasan Taman Impian Jaya Ancol:

- Area Taman dan Pantai: 06.00 - 24.00 WIB

- Dunia Fantasi : 10.00 - 20.00 WIB

- Sea World Ancol : 09.00 - 17.00 WIB

- Ocean Dream Samudra : 09.00 - 17.00 WIB

- Atlantis Water Adventures : 08.00 - 17.30 WIB

- Jakarta Bird Land : 09.00 - 17.00 WIB