H-4 Lebaran 2023, 12.594 Kendaraan Tinggalkan Kota Medan Melalui GT Tebing Tinggi
Ilustrasi-Situasi gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Senin (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pada H-4 Lebaran 2023, Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) melalui anak usahanya, Jasa Marga PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) mencatatkan, sebanyak 12.594 kendaraan meninggalkan Kota Medan melalui GT Tebing Tinggi menuju arteri Tebing Tinggi. 

Volume lalu lintas (lalin) tersebut naik 48,7 persen dibandingkan lalin normal pada November 2022, yakni sebesar 8.471 kendaraan.

Selain itu, pada GT Amplas juga mengalami peningkatan, yaitu tercatat 24.052 kendaraan masuk melalui GT Amplas atau meningkat 30,8 persen dibandingkan lalu lintas normal November 2022 sebesar 18.384 kendaraan. 

"Peningkatan ini diperkirakan akan terus terjadi jelang puncak arus mudik di wilayah Sumatra Utara yang diprediksi jatuh pada Minggu, 23 April 2023," kata Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Truly Nawangsasi lewat keterangan resminya, Rabu, 19 April.

Peningkatan volume lalin juga tergambar dari meningkatnya pengunjung Rest Area KM 65 A (arah Tebing Tinggi), yakni mencapai 70 persen untuk keterisian parkir kendaraan-kendaraan kecil, hingga Rabu, 19 April 2023, pukul 09.00 WIB.

Oleh karena itu, Jasa Marga mengimbau masyarakat dapat mengantisipasi waktu perjalanan untuk menghindari kepadatan lalu lintas. Manfaatkan waktu istirahat di rest area secara optimal atau tidak lebih dari 30 menit, serta selalu terapkan protokol kesehatan selama berada di rest area.

"Demi keselamatan, patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas, serta ikuti arahan petugas di lapangan. Unduh aplikasi Travoy untuk informasi terkini seputar jalan tol Jasa Marga Group dan layanan selama berkendara," pungkasnya.