Ganjar Wujudkan Impian Perantau Lewat Program Mudik Gratis
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas keberangkatan perantau yang menjadi peserta Program Mudik Gratis Lebaran 2023 secara daring di Semarang, Sabtu (15/4/2023) malam. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Bagikan:

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewujudkan impian para perantau yang tidak bisa pulang ke kampung halamannya selama puluhan tahun melalui Program Mudik Gratis Lebaran 2023.

Ganjar melepas keberangkatan perantau yang menjadi peserta Program Mudik Gratis Lebaran 2023 secara daring di Semarang, Sabtu malam.

“Terima kasih Pak Ganjar, kami mewakili peserta mudik mengucapkan jazakumullah (jazakumullah khairan kasiran, red.). Semoga Pak Ganjar semua urusannya dipermudah oleh Allah,” kata salah seorang perantau asal Kota Surakarta bernama Imam Mahmudi dilansir ANTARA, Sabtu, 15 April.

Pria yang bekerja sebagai guru sekolah swasta dan sudah merantau di Lampung Tengah, Sumatera Selatan, sejak 23 tahun lalu menyampaikan hal tersebut kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dirinya pun mendoakan seluruh pemudik dan semua warga Jateng selalu menjaga suasana guyub bersama sosok gubernur yang dianggapnya merakyat itu.

“Rakyat Jawa Tengah menjadi rakyat yang gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharja (kekayaan alam yang berlimpah dan keadaan yang tenteram),” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Wijiyanto, perantau asal Kabupaten Boyolali. Widiyanto, yang berterima kasih kepada Ganjar karena bisa pulang kampung setelah puluhan tahun merantau sebagai buruh kebun kopi di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

“Dari tahun 1989, baru kali ini mudik gratis bersama Pak Ganjar. Merantau ke Muara Enim, merantau di kebun kopi. Sekarang jualan bakso. Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada Bapak Ganjar karena kami bisa mudik bareng,” katanya.

Mewakili semua pemudik dari Medan, Lampung, serta Palembang dan sekitarnya, Ketua Pujakesuma Provinsi Lampung, Nuryono juga mengucapkan terima kasih kepada Ganjar.

Ia berharap, program mudik gratis memakai bus kembali diadakan pada Lebaran tahun depan.

Dirinya juga mendoakan kesuksesan dan kesehatan Ganjar Pranowo.

Ganjar yang melepas para pemudik dari Sumatra merasa senang dengan animo para peserta Program Mudik Gratis.

Dia berpesan kepada sopir bus agar membawa kendaraan dengan hati-hati.

“Saya minta sopirnya tidak usah ngebut, kalau capek istirahat, wajib, maka 'rest area' (tempat istirahat) itu difungsikan untuk itu dan kami minta agar para pemudik mengingatkan ke sopir busnya ‘Pak jangan ngebut, Bu jangan ngebut’ agar semuanya nyaman, semuanya senang,” kata dia.

Program Mudik Gratis Lebaran 2023 yang digagas Ganjar Pranowo bekerja sama dengan Baznas di mana lima armada berangkat dari Palembang dan 10 bus dari Lampung dilepas Ganjar.

Pelepasan mudik kloter kedua dari Medan, 15 bus juga dilepas keberangkatannya oleh Ganjar serentak secara daring.