Ganjar Minta Petugas Siaga, Prediksi Pemudik Gelombang Pertama Lebaran Tiba di Jateng Jumat Malam
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ISTIMEWA)

Bagikan:

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memprediksi gelombang pemudik pertama tiba pada Jumat 14 April malam. Ia pun meminta petugas gabungan dari berbagai instansi dan lintas sektoral agar bersiaga penuh menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023.

“Saya minta semua petugas siaga penuh mulai nanti malam agar arus mudik berjalan aman dan lancar,” kata Ganjar usai membuka Posko Terpadu Lebaran 2023 di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Semarang dikutip ANTARA, Jumat 17 April.

Ia menyebut gelombang pertama pemudik yang memutuskan berangkat lebih awal diperkirakan masuk ke Jawa Tengah pada hari ini.

“Indikasinya malam ini pemudik sudah mulai datang, meskipun kemungkinan belum setinggi menjelang tanggal 19 April, tapi kemarin kami dari Jakarta sudah membaca suara dari masyarakat yang memang ingin pulang pada Jumat malam ini,” ujarnya.

Menurut Ganjar, segala persiapan untuk menyambut pemudik telah dilakukan Pemprov Jateng termasuk, di antaranya dengan membuka posko terpadu di kantor Dishub Jateng.

Posko terpadu ini melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan, TNI, Polri, BMKG, SAR, dan PMI.

"Kominfonya juga kami minta untuk menyiapkan agar itu bisa disebar, dengan platform-platform digital atau yang konvensional, ini dari kawan-kawan Orari Rapi yang akan membantu, maka ini coba kami dorong," katanya.

Orang nomor satu di Jateng itu ingin mudik Lebaran tahun 2023, dapat dilaksanakan secara aman dan nyaman, bahkan menyenangkan dan berkesan.

Oleh karena itu, pelayanan yang diberikan kepada para pemudik harus betul-betul maksimal dan seluruh informasi bisa dibagikan kepada masyarakat, bahkan jika perlu ada dialog dengan pemudik.

Untuk memantau langsung kondisi di lapangan, lanjut Ganjar, Pemprov Jateng memasang kamera pengawas (CCTV) di lokasi-lokasi yang rawan kemacetan maupun rawan kecelakaan.

Mantan anggota DPR itu mengungkapkan titik yang menjadi perhatian khusus di Jawa Tengah, antara lain pintu keluar jalan tol Kalikangkung, dan perbaikan jalan yang diasumsikan seluruh infrastruktur sudah bagus dan siap, karena ini sudah H-8 Lebaran.

"Maka, tadi saya tanya yang di Pati, Batangan, jembatan sudah selesai semua dan bisa dilalui. Kemarin hanya menunggu siap betonnya dan per hari ini sudah dibuka. Nanti saya mau cek, ini contoh-contoh yang ada," katanya.