Tiga WNA Uzbekistan yang Kabur dari Rumah Detensi Imigrasi Ditemukan, Satu Tewas Tenggelam di Kali Sunter
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Tiga warga negara asing (WNA) asal Uzbekistan yang sempat melarikan diri dari rumah ditensi Imigrasi, Jakarta Utara, telah ditemukan keberadaannya. Namun, satu orang di antaranya tewas.

"Satu orang ditemukan meninggal dunia di Kali Sunter," ujar Juru Bicara Densus 88 Antiteror Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Selasa, 11 April.

Bekhzod Anorbek Ugli Baytoev merupakan WNA asal Uzbekistan yang tewas. Dia kehilangan nyawa karena tenggelam di Kali Sunter.

"Meninggal karena terjun ke kali kemudian tenggelam dan meninggal dunia. Mayatnya sudah dibawa ke rumah sakit kramat jati untuk diautopsi," ungkapnya.

Sementara untuk dua lainnya ditangkap di lokasi berbeda. Olimjon Mukhtor Ugli Makhmudov ditangkap di ruko dekat kompleks Bukit Gading Indah. Penangkapan tak lama setelah aksi melarikan dirinya.

Kemudian, Murodjon Ibrokhimjon Ugli Rakhimov ditangkap saat bersembunyi di gorong-gorong Kali Sunter.

Saat ini, mereka semua dipindah penahamannya ke rumah tahanan Polda Metro Jaya. Tentunya, dengan pengamanan maksimal.

"Ya itu perlakuan untuk maximum security pasti akan dilakukan," kata Aswin.

Adapun, para WNA asal Uzbekistan itu bernama Bekhzod Anorbek Ugli Baytoev, Olimjon Mukhtor Ugli Makhmudov, Murodjon Ibrokhimjon Ugli Rakhimov. Sedangkan, Bakhromjon KabilDjanovich Azizov tak melarikan diri.

Mereka disebut masuk dalam jaringan teroris. Sebab, tiga di antaranya bagian dari organisasi teror internasional yang aktif di wilayah Timur Tengah, khususnya Suriah.

Sedangkan Bakhromjon KabilDjanovich Azizov memiliki peran penyedia dukungan keuangan serta dokumen palsu.