Bagikan:

JAKARTA - Polri memprediksi puncak mudik Lebaran 2023 akan terjadi dalam dua kali kesempatan. Penyebabnya keputusan pemerintah yang memajukan waktu cuti bersama terkait Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri cuti bersama Lebaran ditetapkan pada 19 hingga 25 April 2023.

"Ada dua kali perkiraan (puncak) mudik karena untuk cuti dimajukan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho kepada wartawan, Rabu, 5 April.

Untuk puncak arus mudik pertama diprediksi terjadi di awal cuti bersama atau 19 April. Kemudian yang kedua pada 21 April atau H-2 Lebaran.

"Diperkirakan nanti untuk menjadi puncak mudik tanggal 19 sampai dengan tanggal 21 April," ungkapnya.

Karena itu, Polri dan instansi terkait telah menyiapkan skema pengamanan dan pencegahan atau penguraian kendaraan bila terjadi kepadatan. Satu di antaranya dengan menggelar Operasi Ketupat 2023.

"Operasi Ketupat akan dioperasi ketupat akan digelar mulai dari tanggal 17 April sampai dengan tanggal 1 Mei," sebut Sandi.

Kemudian, pos pelayanan dan pengamanan juga akan didirikan nantinya. Sehingga, masyarakat merasa aman dan nyaman dalam perjalanan pulang ke kampung halaman masing-masing.

"Untuk pos-pos yang terkait lainnya, baik itu untuk rest area, kemudian kebutuhan BBM, ataupun sarana-sarana penunjang lainnya juga sedang dalam pemeriksaan dan pengecekan, supaya tidak ada kendala ketika masyarakat nantinya akan mudik dan balik," kata Sandi.