Buruh Bangunan di Kendari Temukan Bom Diduga Peninggalan Perang Dunia II
Tim kepolisian saat mengamankan lokasi penemuan bom di Lepo-lepo. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

Bagikan:

KENDARI - Buruh bangunan menemukan benda yang diduga bom di kompleks Perumahan The Villas, Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kapolresta Kendari Kombes Muhammad Eka Fathurrahman mengatakan benda yang diduga bom yang ditemukan buruh bangunan tersebut diduga peninggalan Perang Dunia II.

"Diduga bom peninggalan Perang Dunia II ditemukan buruh bangunan saat menggali tanah untuk cakar ayam bangunan rumah," katanya dikutip ANTARA, Selasa, 4 April.

Dua buruh bangunan yang menemukan benda diduga bom itu bernama Aco (32) dan Agung (32).

Benda diduga bom itu pertama kali ditemukan saat Aco dan Agung sedang menggali tanah di kedalaman dua meter untuk fondasi cakar ayam Perumahan The Villas.

"Saat sedang menggali, tiba-tiba menemukan benda yang diduga bom, kemudian Aco dan Agung melaporkan benda temuan tersebut kepada mandor bernama Tolo yang kemudian menyampaikan kepada pengawas bernama Salim," jelasnya.

Setelah mendapat informasi tersebut, pengawas perumahan langsung berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Kelurahan Wundudopi yang kemudian dilanjutkan kepada Kapolsek Baruga AKP Umar.

"Sekitar pukul 11.30 WITA, Kapolsek tiba di lokasi dan mengamankan lokasi penemuan itu. Tidak lama langsung datang Tim Penjinak Bom Brimob Polda Sultra untuk melakukan sterilisasi lokasi," tuturnya.

Tim Penjinak Bom Sat Brimob Polda Sultra langsung melakukan pembersihan dan pengecekan kondisi bom.

"Setelah dilakukan koordinasi, disepakati benda yang diduga bom itu akan segera dimusnahkan di tempat pemusnahan di Homebase Lepo-lepo, Kelurahan Abeli Dalam dan Kelurahan Kelurahan Anggalo Melai, Kecamatan Abeli, Kota Kendari," terangnya.