Rekor Baru, Angka Kematian Harian Akibat COVID-19 di AS Capai 4.800
Ilustrasi. (James Yarema/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat mencatat rekor baru angka kematian harian akibat COVID-19 dalam sehari, sekaligus kali kedua sejak pandemi dimulai yang mencatatkan kematian harian lebih dari 4.000 kematian.

Melansir 10news Rabu 13 Januari, merujuk data John Hopkins University (JHU), angka kematian harian pada Selasa 12 Januari mencapai angka 4.800 kematian. Ini adalah rekor baru di Amerika Serikat. 

Dalam 10 bulan terakhir, angka kematian akibat COVID-19 di Amerika Serikat telah mencapai 380.000 orang. Ini tidak lepas dari lonjakan kasus kematian harian dalam dua bulan terakhir, dari semua 1.000 kasus kematian harian kemudian naik hingga menjadi 3.000 kasus kematian per hari.

Melansir New York Times, ahli penyakit menular kenamaan Anthony S. Fauci menuturkan, angka kematian harian akibat COVID-19 di Amerika Serikat akan terus meningkat selama beberapa pekan mendatang.

Dikatakannya, ini diakibatkan oleh perjalanan dan pertemuan selama liburan sejak akhir tahun lalu. Naiknya angka kematian ini sudah diprediksi, di mana Januari akan menjadi bulan yang berat.

"Masih mungkin untuk menghambat percepatan ini, dengan secara ketat mengikuti langkah-langkah kesehatan masyarakat, seperti menerapkan jaga jarak sosial serta menggunakan masker," katanya.

Ia pun meminta masyarakat untuk menahan diri untuk kesehatan bersama, serta bersabar dengan hambatan serta penundaan yang memperlambat upaya vaksinasi. Di sisi lain, ia pun memahami jika kondisi ini memicu frustasi yang meluas di masyarakat.