Mobil Dinas Kemenaker Tenggelam di Sungai Tangka Makassar, Polda Sulsel Lakukan Pencarian Korban
Petugas evakuasi korban tenggelam/ Foto; Antara

Bagikan:

JAKARTA - Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Tim SAR Kabupaten Bone menjalankan misi kemanusiaan untuk membantu pencarian pengemudi mobil dinas yang diduga tenggelam di muara Sungai Tangka, Kabupaten Sinjai. Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan di Makassar, Minggu mengemukakan pihaknya telah menerjunkan Tim Search and Rescue (SAR) ke lokasi kejadian.

"Apel pemberangkatan Tim SAR Batalyon C Pelopor bersama Basarnas Kabupaten Bone dilaksanakan pada Sabtu, 25 Maret sekitar pukul 22.58 WITA. Tim SAR Batalyon C Pelopor terjun ke lokasi lengkap dengan peralatan,” katanya.

Ichsan mengungkapkan sebanyak delapan personel Tim SAR Batalyon C Pelopor diterjunkan yang dipimpin Danki 4 Yon C Pelopor, Ipda Junaedi dan akan bersama lima personel Basarnas Bone terjun ke lokasi tersebut.

“Semoga upaya pencarian tim SAR gabungan bisa berhasil dengan aman dan lancar. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dalam beraktivitas,” ujarnya.

Mobil Dinas dari Kementerian Ketenagakerjaan di Kota Makassar mengalami musibah yang dikemudikan oleh Husair Bakri (40) terperosok ke muara Sungai Tangka, Kabupaten Sinjai, Sulsel.

Rekan korban, Bangsawan (43) mengatakan Husain Bakri ke lokasi kejadian untuk memancing. Sesaat sebelum kejadian, dia dan rekannya baru saja pulang dari memancing dan perahunya sandar di tepi muara Sungai Tangka, Sabtu, 25 Maret sekitar pukul 14.20 WITA.

Bangsawan yang sementara mengumpulkan barang bawaannya dari atas perahu, tiba-tiba mendengar suara sesuatu terjatuh ke dalam sungai. Seketika Bangsawan juga mendengar suara teriakan orang. Alhasil.

Bangsawan turun dari perahu dan melihat mobil dinas terperosok ke dalam sungai. Sontak Bangsawan, berteriak. Mendengar suara teriakan orang minta tolong, masyarakat kemudian berlomba-lomba ke lokasi sumber suara. Satu persatu pihak terkait tiba di lokasi, termasuk personel Polres Sinjai, Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta masyarakat setempat turun melakukan pencarian.

Pada pukul 16.20 WITA, tim pencarian berhasil menemukan mobil tersebut dan selanjutnya dievakuasi dan mengangkat mobil dinas tersebut dengan menggunakan tali.

Namun nahas, pengemudi mobil dinas tidak ditemukan dalam mobil itu, sehingga tim penyelam dari BPBD setempat melanjutkan upaya pencarian. Hingga saat ini, korban belum juga ditemukan.

Saat ini, pihak yang terlibat dalam misi pencarian, yakni SAR Brimob, Basarnas Bone, BPBD Kabupaten Sinjai, Marinir Posmat TNI AL Sinjai, Kodim Sinjai, Sat Polair Polres Sinjai, PMI Kabupaten Sinjai, dan SAR Universitas Negeri Makassar.