Dicari Tim SAR, Lansia yang Terseret Arus Sungai di Sinjai Selamat Berpegangan Batu Besar
Tim penyelamat melaksanakan apel persiapan pencarian korban yang terseret arus sungai Tangka di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2/2023). ANTARA/HO/Dokumentasi Basarnas

Bagikan:

MAKASSAR - Basarnas Sulawesi Selatan (Sulsel) mengerahkan personel mencari seorang lanjut usia (lansia) Petta Bau (65( yang terseret arus saat menyeberang di Sungai Tangka, dari Desa Lappa menuju ke Desa Raja Kecamatan Lapaddo, Kabupaten Sinjai.

"Informasi kami terima dari keluarga korban dan langsung mengerahkan personel di Pos SAR Bone karena terdekat dari lokasi," ujar Kepala Basarnas Djunaidi dikutip ANTARA, Kamis, 9 Februari.

Dari informasi, korban sempat dilihat warga menyeberang sungai pada Rabu (8/2/) sore. Namun arus sungai menjadi deras membuat korban terseret dan tidak bisa menyelamatkan diri. Beberapa warga berusaha melakukan pencarian hingga malam, tapi tidak menemukan keberadaan korban.

Personel Pos SAR Bone bersama SAR lain melakukan pencarian dengan menyisir sungai menuju hilir. Beberapa akan melakukan penyelaman di lokasi yang menjadi dugaan korban terbawa arus.

"Kita doakan semoga Tim SAR gabungan dapat segera menemukan korban," harap Djunaidi.

Tapi berdasarkan perkembangan terbaru yang diperoleh tim, korban dikabarkan dalam kondisi selamat.

Kabar tersebut diterima pukul 07.34 WITA. Sekitar pukul 08.00 WITA, SAR gabungan bergeser ke rumah korban untuk memastikan informasi tersebut. Pukul 09.00 SAR gabungan tiba di rumah korban.

Adapun informasi yang diperoleh, korban menyeberang sungai pada waktu Dzuhur. Akibat batu pijakan licin menyebabkan korban terpeleset dan terbawa arus sungai. Dari keterangan korban, saat itu terbawa arus dan berhasil berpegang pada batu besar sehingga korban selamat.

Setelah berhasil ke tepi, korban melanjutkan perjalanan, namun karena sudah malam dan kemampuan penglihatan korban sudah melemah, ia memutuskan untuk menginap di pondok sawah.

Keesokan paginya, korban melanjutkan perjalanan dan korban ditemukan sekitar satu kilometer dari rumah korban. Setelah korban dipastikan selamat, operasi pencarian ditutup.